Honda Filipina Uji Irit BR-V Buatan Indonesia, Seliter Bensin Tembus 24,71 Km

ADVERTISEMENT

Honda Filipina Uji Irit BR-V Buatan Indonesia, Seliter Bensin Tembus 24,71 Km

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 24 Nov 2022 07:05 WIB
Honda All New BR-V diuji irit Jakarta-Bogor
Konsumsi BBM Honda BR-V (Foto: dok. Honda Prospect Motor)
Jakarta -

Honda Filipina baru saja meluncurkan Honda BR-V. SUV 7 penumpang itu merupakan mobil yang diproduksi di Indonesia.

Honda Filipina juga sudah menguji efisiensi bahan bakar Honda BR-V buatan Indonesia tersebut. Hasilnya mengejutkan. Konsumsi bahan bakar Honda BR-V bisa di atas 20 km/liter.

Honda Filipina bersama Asosiasi Otomotif Filipina melakukan pengujian terhadap Honda BR-V buatan Indonesia. Hasilnya, Honda BR-V CVT 1.5 V menorehkan angka konsumsi bahan bakar mengesankan, hingga 24,71 km per liter.

Selanjutnya, Honda BR-V 1.5 VX Sensing CVT tak kalah mengesankan. Honda BR-V tipe itu bisa menjangkau jarak 23,49 km hanya dengan satu liter bensin. Kemudian Honda BR-V S 1.5 CVT mencapai 22,62 km per liter.

Namun, hasil konsumsi bahan bakar bisa berbeda-beda tergantung beragam kondisi. Pengujian ini dilakukan dengan tes berjalan sejauh 128 km di jalan raya pada kecepatan 60-80 km/jam. Putaran mesin dijaga antara 1.500-2.000 rpm. AC juga diset pada suhu 24 derajat celcius dengan embusan blower di tingkat 1.

Untuk diketahui, Honda BR-V dibekali mesin 1.500 cc DOHC i-VTEC dengan tenaga maksimal 121 PS dan torsi maksimal 145 Nm. Mesin itu dihubungkan dengan transmisi CVT baru yang diklaim menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik. Selain itu, Honda juga menyediakan pilihan transmisi otomatis pada Honda BR-V.

Sementara itu, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy membenarkan unit Honda BR-V yang dijual di Filipina merupakan mobil buatan Indonesia. Dia menegaskan, Honda di Indonesia merupakan satu-satunya pabrik yang memproduksi Honda BR-V.

"Iya (BR-V buatan Indonesia diekspor). Kami bangga All New Honda BR-V hanya diproduksi di Indonesia dan akan di-export ke 30 negara lainnya," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy kepada detikcom, Rabu (23/11/2022).

Billy memastikan, awalnya Honda BR-V dikembangkan untuk konsumen di Indonesia. Namun, banyak pula negara lain yang ingin mobil ini dijual di sana.

"Rencananya lebih dari 5.600 unit BR-V di-export sampai akhir tahun ini. Baru 11 negara yang sudah di-delivery-kan dari 30 negara yang minta ke kami," ujar Billy.



Simak Video "Honda Bikin Rekor, Tapi Belum Sesuai Target!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT