Komparasi Honda WR-V Vs Toyota Raize-Daihatsu Rocky, Siapa Lebih Baik?

ADVERTISEMENT

Komparasi Honda WR-V Vs Toyota Raize-Daihatsu Rocky, Siapa Lebih Baik?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 03 Nov 2022 06:04 WIB
Jakarta -

Honda WR-V resmi meluncur di Indonesia. Mobil SUV kecil ini siap menantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Siapa yang lebih unggul? Berikut komparasinya mengacu pada data di atas kertas.

Honda WR-V menjadi pendatang baru di kelas SUV kecil. Mobil ini melakoni debut global di Indonesia. Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim, Honda WR-V dikembangkan di Indonesia. Tapi, tak menutup kemungkinan mobil ini dijual di luar negeri.

Di kelas SUV kecil ini, penantang berat Honda WR-V adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kamu lebih pilih mana? Simak perbandingannya.

Perbandingan Honda WR-V dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Dimensi

Secara dimensi, ketiga mobil itu sebenarnya tak terlalu beda jauh. Sebab, mobil ini memang masuk dalam kategori SUV kompak.

Honda WR-V punya dimensi panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.608 mm. Jarak sumbu roda membentang sepanjang 2.485 mm. Honda WR-V punya ground clearance 220 mm, tertinggi dibanding kompetitornya.

PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan SUV kecil terbarunya bernama Honda WR-V. Yuk, lihat lebih dekat foto-fotonya.PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan SUV kecil terbarunya bernama Honda WR-V. Yuk, lihat lebih dekat foto-fotonya. Foto: Kenny Gida

Sementara Toyota Raize 1.0 Turbo memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm dengan jarak sumbu 2.525 mm. Toyota Raize punya ground clearance 200 mm.

Beralih ke Daihatsu Rocky, kembaran Raize itu juga memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm dan jarak sumbu 2.525 mm. Ground clearance Daihatsu Rocky juga sama, 200 mm.

Toyota Raize meluncur di Indonesia pada 30 April 2021.Toyota Raize meluncur di Indonesia pada 30 April 2021. Foto: Toyota Astra Motor

Spesifikasi Mesin

Bisa dibilang Honda WR-V memiliki mesin paling besar di kelasnya. Di saat Toyota Raize dan Daihatsu Rocky hadir dengan pilihan mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc N/A, Honda lebih memilih menyematkan mesin BR-V untuk WR-V dengan kapasitas 1.500 cc.

Honda WR-V menggendong mesin 1.5 L i-VTEC DOHC 4 silinder segaris DBW, 16 katup. Mesin itu memiliki tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Mesin dihubungkan dengan transmisi CVT.

PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan SUV kecil terbarunya bernama Honda WR-V. Yuk, lihat lebih dekat foto-fotonya.PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan SUV kecil terbarunya bernama Honda WR-V. Yuk, lihat lebih dekat foto-fotonya. Foto: Kenny Gida

Beralih ke Toyota Raize. Mobil ini ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Ada mesin turbo dan mesin N/A atau tanpa turbo. Untuk versi turbo, Toyota Raize hadir dengan mesin 1KR-VET 3 silinder turbo 12 katup DOHC dengan VVT-i. Mesin itu dihubungkan dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Mesin turbo Raize mampu menyemburkan tenaga 98 PS dengan torsi maksimal 140,2 Nm. Sementara mesin N/A hadir dengan mesin 1.200 cc tiga silinder 12 katup DOHC Dual VVT-i. Tenaganya mencapai 88 PS dengan torsi maksimal 112,7 Nm.

Daihatsu Rocky kurang lebih sama dengan Raize. Untuk mesin turbo, Rocky hadir dengan mesin 1KR-VET 3 silinder turbo 12 katup DOHC dengan VVT-i. Mesin itu dihubungkan dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Mesin turbo Rocky juga mampu menyemburkan tenaga 98 PS dengan torsi maksimal 140,2 Nm. Sedangkan mesin N/A hadir dengan mesin 1.200 cc tiga silinder 12 katup DOHC Dual VVT-i. Tenaganya mencapai 88 PS dengan torsi maksimal 112,7 Nm.

Fitur-fitur

Tiga mobil di kelas SUV kecil ini menghadirkan fitur-fitur canggih. Fitur Advanced driver-assistance system (ADAS) menjadi andalan dari ketiga mobil tersebut. Namun, fitur ADAS hanya tersedia di beberapa tipe.

Honda WR-V dibekali dengan Honda Sensing khusus tipe tertinggi WR-V tipe RS with Honda SENSING. Di dalamnya ada fitur Collision Mitigation Brake System (CMBS), Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM),

Adaptive Cruise Control (ACC). Selain itu, Honda WR-V dibekali Walk-Away Auto Lock (berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis beberapa saat setelah pengemudi berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil), serta Remote Engine Start (berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam kendaraan).

PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan SUV kecil terbarunya bernama Honda WR-V. Yuk, lihat lebih dekat foto-fotonya.Honda WR-V dilengkapi beragam fitur unggulan Foto: Kenny Gida

Fitur canggih lainnya adalah Honda LaneWatch yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot. Smart Entry System untuk mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci dan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal di mana spion dapat menutup otomatis ketika mobil terkunci.

Honda WR-V memiliki kamera belakang yang dapat menunjukkan tampilan atas, tampilan normal (130°), atau tampilan belakang lebar (180°) saat transmisi dalam posisi mundur. Terdapat fitur Auto Headlight pada Honda WR-V RS with Honda SENSING, yaitu lampu depan yang dapat menyala secara otomatis saat kondisi pencahayaan rendah dan saat kondisi kunci mobil terbuka dan dan mati beberapa saat setelah mobil terkunci. Selain itu fitur tersebut akan menyala saat wiper digunakan beberapa kali dan otomatis mati ketika wiper tidak digunakan.

Beralih ke Toyota Raize. Mobil ini juga memiliki fitur ADAS berupa Toyota Safety Sense (TSS) untuk tipe tertentu. Sistem TSS meliputi fitur Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Assist with Steering Control, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Allert dan Blind Spot Monitor, serta Pedal Missoperation Control. Toyota Raize juga memiliki kamera parkir belakang, hill start assist, vehicle stability control.

Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021). Foto: Rengga Sancaya

Daihatsu Rocky pun memiliki fitur ADAS berupa Advanced Safety Assist (ASA). Adapun fitur ASA ini memiliki 6 fungsi, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Selain ASA, Daihatsu Rocky juga dibekali dengan rear parking camera dan back sonar, Vehicle Stability Control (VSA), serta Hill Start Assist (HAS) tergantung varian dan tipe transmisi yang dipilih.

[Lanjut Halaman Berikutnya >>> Perbandingan Harga Honda WR-V dengan Toyota Raize]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT