Apa Untungnya Punya Mobil Hybrid?

ADVERTISEMENT

Apa Untungnya Punya Mobil Hybrid?

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 23 Nov 2022 14:59 WIB
Mobil hybrid Toyota
Mobil hybrid Toyota. Foto: PT TMMIN
Jakarta -

Semakin ke sini, jumlah mobil hybrid di Indonesia makin bertambah. Terbaru ada Kijang Innova Zenix hybrid dan juga Wuling Almaz hybrid. Mobil dengan teknologi hybrid memiliki keunggulan tersendiri. Pertama jelas mobil lebih ramah lingkungan karena menggabungkan mesin konvensional dan motor listrik.

Tapi kelebihan mobil hybrid bukan cuma itu. Ada juga penggunaan bahan bakar lebih hemat serta tenaganya lebih besar. Berikut ini kelebihan mobil hybrid seperti dikutip detikcom dari laman Auto2000.

1. Konsumsi BBM lebih hemat

Mobil hybrid menjanjikan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Umumnya, ketika mobil hybrid dihidupkan mesin dengan bahan bakar justru sama sekali tidak hidup. Adapun sistem kelistrikan mobil hybrid seperti AC, Audio, hingga power window mengambil sumber tenaga dari baterai motor listrik.

Kemudian ketika mobil berjalan dalam kecepatan rendah, biasanya mengambil tenaga dari baterai. Hal inilah yang membuat konsumsi BBM berkurang ketimbang mobil bermesin konvensional.

Mesin Toyota Kijang Innova Zenix kok masih impor?Mesin Toyota Kijang Innova Zenix kok masih impor? Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

2. Getaran Lebih Minim

Mesin di mobil hybrid boleh dibilang tidak bekerja secara penuh. Misalnya ketika tengah berada di jalanan dengan kondisi macet, mesin bensin tidak hidup melainkan hanya motor listrik yang bekerja. Dengan begitu, mobil hybrid lebih minim getaran dan kabin juga lebih senyap sehingga perjalanan nyaman.

3. Performa Meningkat

Mengambil sumber tenaga dari dua sumber memungkinkan mobil hybrid punya performa lebih baik. Ya, baik mesin bensin maupun motor listrik dengan tenaga baterai itu sama-sama berkontribusi memberikan daya sehingga akselerasi dan kecepatan bisa meningkat. Tidak cuma itu, mobil hybrid disebut lebih aman dari mesin panas.

Saat ini pilihan mobil hybrid paling banyak ditawarkan oleh Toyota. Tercatat ada lima mobil hybrid yang disajikan Toyota di Indonesia yaitu C-HR Hybrid, Corolla Cross Hybrid, Corolla Altis Hybrid, Camry Hybrid, dan Kijang Innova Zenix Hybrid.



Simak Video "Lagi Tren, Ini Daftar Harga Mobil Hybrid di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT