Alasan Chery Tak Mau Buru-buru Jual Mobil Listrik di Indonesia

ADVERTISEMENT

Alasan Chery Tak Mau Buru-buru Jual Mobil Listrik di Indonesia

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Rabu, 23 Nov 2022 12:32 WIB
Chery EQ1
Chery mengaku tak mau buru-buru menjual mobil listrik di Indonesia. Foto: Chery Indonesia.
Jakarta -

Produsen roda empat asal China, Chery telah mengenalkan mobil listrik di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022. Meski begitu mereka mengaku belum akan menjualnya.

Saat menghadiri sesi exclusive interview bersama detikOto, Presiden Direktur Chery Indonesia, Shawn Xu mengatakan, pihaknya tak mau buru-buru menjual mobil listrik di Tanah Air. Menurutnya, sesuatu yang tergesa-gesa tidak akan berakhir baik.

Shawn Xu membenarkan, sejak setahun terakhir, mulai banyak pabrikan roda empat di Indonesia yang meluncurkan kendaraan listrik. Meski demikian, dia tak mau hanya sekadar ikut-ikutan. Sebab, kata dia, untuk sampai ke tahap elektrifikasi penuh, pihaknya perlu jembatan penghubung berupa mobil hybrid.

"Kami ingin membangun brand dulu. Kami tidak ingin terburu-buru (meluncurkan mobil listrik). Kami punya teknologinya, kami telah menyiapkan seluruh resourch-nya. Tapi untuk pertama-tama, kami ingin fokus menjual mass product seperti Tiggo 7 dan 8," ujar Shawn di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, belum lama ini.

Chery Tiggo 7 ProChery Tiggo 7 Pro. Foto: PT Chery Sales Indonesia

Bagaimana pun juga, kata Shawn, mobil listrik merupakan keniscayaan. Bahkan, kata dia, masa depan kendaraan di dunia adalah electric vehicle (EV). Namun, hingga saat ini, fokus Chery Indonesia belum ke sana. Meski demikian, bukan berarti pihaknya tak melakukan persiapan apapun.

"Mobil listrik tumbuh sangat cepat di Indonesia. Tapi kita masih membutuhkan sedikit waktu, ya tambahan waktu. Chery Indonesia, sekali lagi, tidak mau terburu-buru bermain di pasar listrik. Namun, bukan berarti kami tak mempersiapkannya," kata Shawn.

Chery EQ1Chery EQ1 di GIIAS 2022. Foto: Chery EQ1

Diketahui, Chery sebenarnya punya mobil listrik murah bernama Chery EQ1 di China. Kendaraan tersebut hanya dibanderol Rp 100 jutaan. Namun, Shawn memastikan, EQ1 tidak akan masuk Indonesia dalam waktu dekat.

Alih-alih meluncurkan EQ1 sebagai mobil listrik pertama Chery di Indonesia, pihaknya lebih memilih mengenalkan Omoda 5 EV tahun depan. Hanya saja, Shawn belum mau mengurai detail peluncurannya, termasuk apakah akan langsung dijual atau tidak.



Simak Video "Tantang CR-V, Kenapa Chery Berani Jual Mobil di Kelas Premium?"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT