SUV DFSK Sepi Peminat, Kalah Laris dengan Pick-up Super Cab

ADVERTISEMENT

SUV DFSK Sepi Peminat, Kalah Laris dengan Pick-up Super Cab

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 18 Nov 2022 17:11 WIB
DFSK pada ajang GIIAS 2022
DFSK Super Cab. Foto: dok. DFSK
Jakarta -

Sejak pertama kali hadir di pasar otomotif Indonesia, DFSK langsung gencar dengan mengenalkan SUV-nya. Bukan tanpa alasan, DFSK menganggap pasar SUV di Indonesia belakangan terus meningkat. Mobil-mobil MPV pun punya wujud menyerupai SUV yang menjadi tanda bahwa mobil SUV kian digemari.

Kala itu, secara berturut-turut DFSK meluncurkan mobil SUV-nya di Indonesia. Dimulai dari Glory 580, disusul Glory 560, dan yang teranyar Glory i-Auto. Tapi sebelumnya, pick-up Super Cab sudah lebih dulu dirilis.

Namun kini hanya tersisa Glory 560 dan Glory i-Auto. Glory 580 sendiri sempat tersandung kasus gagal nanjak. Kala itu, sejumlah konsumen Glory 580 mengeluhkan bahwa mobilnya tidak bisa menanjak.

Dalam gugatan disebutkan Glory 580 Turbo CVT 2018 mengalami kendala pada waktu berjalan di tanjakan dan/atau saat berada di jalan kemacetan yang menanjak, baik pada saat digunakan luar kota ataupun parkiran mal. Tapi gugatan itu ditolak oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Tapi tak lama berselang, nama Glory 580 tak lagi hadir di laman resmi DFSK Indonesia. Usut punya usut, SUV bermesin turbo itu telah dihentikan penjualannya. DFSK beralasan, Glory 580 sudah digantikan keberadaannya oleh Glory i-Auto.

Saat ini andalan DFSK di segmen mobil penumpang ada pada Glory i-Auto dan Glory 560. Kemudian ada juga Gelora Electric dan Gelora bensin, serta pick-up Super Cab. Tapi secara penjualan SUV DFSK ini boleh dibilang kalah pamor ketimbang model pick-up yang ditawarkan.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan mobil pick-up DFSK lebih moncer ketimbang SUV-nya. Pada tahun 2022 misalnya, penjualan pick-up DFSK mencapai 1.648 unit sepanjang Januari-Oktober 2022.

Sementara untuk periode yang sama, penjualan wholesales Glory 560 hanya mencapai 128 unit, dan Glory i-Auto 19 unit. Lalu pada Oktober, dari 101 unit penjualan wholesales DFSK ditorehkan sepenuhnya oleh pick-up Super Cab. Tidak ada satupun model SUV-nya yang terjual secara wholesales.

DFSK sendiri memang diketahui bakal menyetop penjualan mobil bensin dalam waktu tiga hingga lima tahun ke depan. Rencananya, keberadaan mobil bensin DFSK itu akan digantikan sepenuhnya oleh mobil listrik. Setidaknya ada dua model mobil listrik yang disiapkan yakni Seres SF5 dan Mini EV. Saat ini, DFSK telah memiliki satu line-up mobil listrik yang diwakili oleh Gelora.



Simak Video "DFSK Gelora E, Calon Armada Angkot Listrik DKI Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT