Kapolri Pakai Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5, Bakal Jadi Mobil Dinas

ADVERTISEMENT

Kapolri Pakai Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5, Bakal Jadi Mobil Dinas

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 15 Nov 2022 20:22 WIB
Hyundai Ioniq 5 Mobil Dinas Kapolri
Hyundai Ioniq 5 Mobil Dinas Kapolri (Foto: Dok. Humas Polri)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 di Bali. Mobil listrik ini disebut akan menjadi kendaraan dinasnya.

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini digunakan Sigit sebagai kendaraan dinas pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Kapolri juga berkesempatan mengendarai mobil listrik tersebut saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Korps Brimob Polri di Command Center 91 ITDC, Nusa Dua, Bali.

Dikutip dari unggahan Humas Polri, penggunaan mobil listrik dalam pengawalan dan pengamanan KTT G20 ini merupakan upaya Polri mendukung Indonesia dalam transisi energi menuju target nol emisi karbon. Sementara itu, jajaran Korps Bhayangkara telah menyiapkan sebanyak 176 kendaraan roda dua dan roda empat berbasis daya listrik sebagai kendaraan operasional KTT G20.

[Gambas:Instagram]



Diberitakan Antara, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyebut mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini akan digunakan Kapolri sebagai kendaraan dinasnya saat bertugas di Mabes Polri. "Informasinya digunakan (di Mabes Polri)," kata Dedi.

Menurutnya, Polri juga menyiapkan kendaraan listrik untk operasional di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Polri secara bertahap mengadakan kendaraan listrik untuk pejabat utama (PJU) mulai tahun 2023 dan 2024.

"Untuk PJU bertahap untuk tahun 2023 dan 2024 diutamakan kendaraan operasional dulu," kata Dedi.

Sekilas tentang Hyundai Ioniq 5 yang jadi mobil dinas Kapolri di Bali, tampilan mobil ini terutama dari warnanya cukup berbeda. Mobil ini punya warna hitam doff yang tampaknya tidak ada di unit Ioniq 5 yang dijual secara umum.

Hyundai Ioniq 5 menggunakan baterai lithium ion berpendingin cairan. Ada dua versi Ioniq 5, yaitu Standard Range dan Long Range. Versi Standard Range memiliki baterai 58 kWh dengan jarak tempuh 384 km sekali cas. Sementara versi Long Range bisa menempuh jarak 451 km (tipe Long Range Signature) sampai 481 km (Long Range Prime). Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini dijual dengan harga mulai Rp 748 juta sampai Rp 859 juta.



Simak Video "Jajal Hyundai IONIQ 5 untuk Overland dan Off-Road Ringan, Emang Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT