Jangan Remehkan Bisnis Mobil Antik di Indonesia, Cuannya Gede!

ADVERTISEMENT

Jangan Remehkan Bisnis Mobil Antik di Indonesia, Cuannya Gede!

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Senin, 14 Nov 2022 13:37 WIB
Rumah Hobby Milik Bei Budiono.
Bisnis mobil antik di Indonesia ternyata menjanjikan. (Foto: Agung Pambudhy / detik.com)
Jakarta -

Banyak yang mengira, bisnis mobil antik hanya sekadar transaksi jual-beli. Padahal, nyatanya, cakupan bisnis kendaraan tersebut bisa lebih luas dari itu. Bahkan, bisa jadi, keuntungannya lebih besar dari yang pernah kita bayangkan!

Kolektor sekaligus pemilik garasi mobil antik 'Rumah Hobby' di Tangerang Selatan, Bei Budiono alias Pakde Bei mengatakan, saat ini masih banyak yang memandang sebelah mata bisnis mobil antik. Mereka pikir, bisnis tersebut hanya sekadar jual beli.

"Bisnis mobil antik ini sebenarnya menjanjikan, karena keuntungannya bukan cuma dari jual-beli aja, melainkan juga dari persewaan. Malahan kalau dilihat sebenarnya itu lebih besar," ujar Bei Budiono saat disambangi detikOto, pekan lalu.

Pakde Bei Budiono.Koleksi mobil antik milik Bei Budiono. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Bei cerita, selama mengoleksi mobil antik, dia lebih sering menyewakannya ketimbang menjual. Mereka yang sewa biasanya untuk keperluan film, video musik, sinetron, pameran, nikahan, dan masih banyak lagi. Sementara uang yang diterima lumayan menggiurkan.

"Kalau saya paling kaget waktu mobil (antik) milik saya disewa untuk keperluan shooting film biografi Chrisye. Saya ini penggemar Chrisye. Jadi waktu mobil saya dipakai untuk itu, walah saya seneng banget. Udah seneng, dapet uang juga. Jadi double-double," terangnya.

Lebih jauh, menurut Bei Budiono, sejak beberapa tahun terakhir, mulai banyak anak muda yang menyukai hal-hal berbau antik, salah satunya kendaraan. Mengingat harganya yang kadang-kadang 'di luar nalar', mereka akhirnya memutuskan menyewanya untuk keperluan foto.

Rumah Hobby Milik Bei Budiono.Rumah Hobby Milik Bei Budiono. Foto: Agung Pambudhy / detik.com

Berkaca dari kenyataan tersebut, Bei beranggapan, peminat mobil antik sekarang tak bisa dikotak-kotakkan lagi. Jika dulu kebanyakan generasi tua, kini mulai banyak anak-anak muda yang menyukainya.

"Anak saya yang masih kuliah saja ikutan suka mobil-mobil klasik," kata dia.

Saat ini, Bei Budiono sendiri punya puluhan mobil antik atau klasik yang disimpan di garasi Rumah Hobby. Kebanyakan adalah Mazda B600 atau Mazda kotak sabun yang jumlahnya 16 unit. Selain itu, dia juga memiliki mobil Corona, Corolla, Fiat, Citroen, Jeep Willys, dan masih banyak lagi.



Simak Video "Yuk! Intip Garasi Bei Budiono, Kolektor Nyentrik Puluhan Mobil Klasik"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT