Kalau Merasa Mampu Beli Mobil 1.400cc, Enggak Usah Ikut Daftar Beli Pertalite!

ADVERTISEMENT

Kalau Merasa Mampu Beli Mobil 1.400cc, Enggak Usah Ikut Daftar Beli Pertalite!

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 14 Okt 2022 07:40 WIB
PT Pertamina (Persero) sudah siap untuk menjual produk bensin terbarunya yakni Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap menjual Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom.
Sekalipun masuk kriteria, kalau merasa mampu harusnya enggak daftar beli Pertalite. Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

Hingga kini pemerintah belum memutuskan kapan dan bagaimana aturan main pembatasan pembelian BBM bersubsidi. Namun mereka yang mampu membeli dan memiliki mobil berkubikasi 1400 cc, seharusnya tidak usah ikut daftar untuk bisa beli Pertalite.

Pengguna Pertalite dan solar subsidi sudah diminta untuk mendaftarkan kendaraannya oleh Pertamina. Pun yang belum mendaftar, pelat nomor kendaraan pengguna Pertalite dan solar subsidi dicatat oleh petugas SPBU.

Pencatatan tersebut ditujukan agar dua jenis BBM yang mendapat subsidi itu bisa lebih tepat sasaran. Seperti diketahui bersama, pengguna Pertalite disebut-sebut bakal dibatasi dengan konsep tertentu sesuai revisi Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Adapun hingga saat ini belum ada persyaratan yang ditentukan. Belakangan mencuat hanya mobil dengan kapasitas mesin maksimal 1.400 cc dan motor di bawah 250 cc yang nantinya masih boleh mengisi Pertalite.

Namun demikian, Anggota Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman mengingatkan sekalipun mobilnya masuk dalam kriteria pengguna Pertalite tapi tergolong mampu seharusnya dengan sadar tak lagi menggunakan BBM subsidi tersebut.

"Yang merasa tidak berhak atau tidak butuh ya jangan mendaftar, katakan kendaraannya 1.400 cc, kalau dia merasa mampu ya nggak perlu mendaftar," kata Saleh dikutip CNBC Indonesia.

Sebelumnya Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyebut mobil-mobil di bawah 1.500 cc mendominasi pendaftaran beli Pertalite.

Sejauh ini, VP Sales Support Pertamina Patra Niaga Zibali Hisbul Masih menyebut pendaftaran beli Pertalite sudah mencapai 2,8 juta kendaraan. Rinciannya 2.031.197 mendaftar untuk beli Pertalite dan 841.724 mendaftar untuk solar subsidi.

Meski belum berlaku, Pertamina sudah mulai melakukan uji coba pembatasan beli Pertalite. Untuk mobil pribadi, saat ini dibatasi maksimal 120 liter per hari. Angka pembatasan itu belum pasti, karena akan mengikuti aturan yang ditetapkan nanti. Sedangkan untuk mobil pribadi pengguna solar, batasan konsumsinya 60 liter per hari.



Simak Video "Sudah Jalan 2 Bulan, Berapa Banyak Masyarakat yang Daftar MyPertamina?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT