Alasan Logis Mengapa Bugatti Tak Pernah Minat Jual Mobil SUV

ADVERTISEMENT

Alasan Logis Mengapa Bugatti Tak Pernah Minat Jual Mobil SUV

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Selasa, 11 Okt 2022 13:22 WIB
Bugatti di Singapura
Kenapa Bugatti tak minat jualan mobil SUV? Foto: Pool
Jakarta -

Baru-baru ini, produsen mobil kencang asal Prancis, Bugatti menyampaikan pengumuman penting mengenai pengembangan produk baru di masa depan. Mereka mengaku tak akan membuat dan menjual mobil SUV ke konsumen. Lalu, apa alasannya ya, detikers?

Disitat dari Carscoops, sebelumnya Bugatti sempat disebut-sebut bakal menjual mobil SUV bertenaga listrik. Namun, seminggu setelah kabar itu ramai, perwakilan mereka buka suara dan mengatakan Bugatti tak pernah tertarik menggarap produk di segmen tersebut.

Menurut CEO Bugatti, Mate Rimac, pihaknya tak akan pernah meluncurkan mobil SUV atau EV, minimal hingga satu dekade ke depan.

"Mobil SUV dan listrik tidak masuk rencana sepuluh tahun Bugatti," ujar Rimac, dikutip Selasa (11/10/2022).

Ada satu alasan logis mengapa Bugatti tak tertarik menjual mobil SUV, yakni citra brand mereka yang mengutaman eksklusivitas kendaraan. Sehingga, mereka hanya akan menjual mobil-mobil segmented seperti hypercar dengan jumlah unit terbatas (limited).

"Kami selalu memiliki gagasan tentang model lini kedua. Tapi kemudian kami juga berpikir pada satu titik, apakah kami mulai menjual merek? Apa yang kami lakukan dengan logo berharga ini? Apakah 'menjual' logo dengan harga tertentu dianggap brutal?" tutur Direktur Desain Bugatti, Achim Anscheidt.

Bugatti Chiron Super Sport 300+Bugatti Chiron Super Sport 300+ Foto: Bugatti

Kemitraan Bugatti dengan Rimac semakin menutup kemungkinan pabrikan membuat mobil selain hypercar eksklusif. Kini, bagi mereka, mobil berkelas dengan jumlah produksi sedikit masih lebih baik ketimbang mobil sejuta umat yang diproduksi banyak.

Sebelumnya, mantan Ketua Bugatti yang sekarang menjadi bos di Lamborghini, Stephan Winkelmann pernah mengatakan, Bugatti sebenarnya tetap bisa menjaga nilai eksklusivitas kendaraan dengan menghadirkan SUV unik dan berbeda dibandingkan yang lain.

Namun, jika dipikir-pikir, bagaimana pun istimewanya mobil SUV, akan sangat sulit untuk tidak membandingkannya dengan yang lain. Hal tersebut tentu tak sejalan dengan kredo Bugatti yang berbunyi: Jika sebanding, itu bukan Bugatti.



Simak Video "Tampang MG New HS, SUV Baru Penantang CR-V dan Almaz"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT