ADVERTISEMENT

Baru Sebulan Rilis, Wuling Air ev Langsung Kalahkan Penjualan Hyundai Ioniq 5

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 21 Sep 2022 11:37 WIB
Jakarta -

Wuling Air ev baru sebulan diperkenalkan namun langsung mencuri atensi masyarakat Indonesia. Mobil listrik mungil itu bahkan menyandang raja mobil listrik baru yang mengalahkan penjualan Hyundai Ioniq 5 di Tanah Air.

Berdasarkan data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik berbasis baterai per Agustus 2022 tembus di angka 1.021 unit. Pencapaian ini jadi rekor baru, terbesar di sepanjang Januari-Agustus 2022.

Sebagai pembanding data pada bulan sebelumnya, misal Juni hanya terdistribusi 132 unit, lalu pada Juli 121 unit. Sejak hadirnya Wuling, penjualan mobil battery electric vehicles (BEV) langsung melonjak tajam.

Baru sebulan berkpirah di Indonesia, Wuling Air ev sudah terdistribusi sebanyak 821 unit per Agustus lalu. Sedangkan Hyundai Ioniq 5 mencetak angka 174 unit. Atas hasil ini, Wuling Air ev menggeser mobil listrik terlaris di Indonesia.

Memang harga mobil yang ditawarkan dari Wuling Air ev menjangkau segmen yang paling gemuk, yakni di bawah Rp 300 juta. Sedangkan banderol dari Hyundai Ioniq 5 menjangkau masyarakat menengah ke atas, harga mobilnya mulai dari Rp 748 juta - Rp 859 juta.

Meski berbeda segmen, menariknya kedua mobil ini merupakan produk yang sama-sama sudah dirakit secara lokal.

Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara mengatakan mobil listrik bakal menjadi primadona jika terdapat pabrikan yang menjual mobil listrik yang sesuai dengan daya beli masyarakat Indonesia.

"Kembali berdasarkan data Gaikindo kami sampaikan berulang-ulang bahwa daya beli masyarakat itu di kisaran Rp 300 juta ke bawah. Kalau kendaraan tersebut bisa dibuat, dan dijual dengan harga terjangkau tadi di kisaran Rp 300 juta ke bawah, tentunya ini akan mendapat banyak peminatnya," kata Kukuh saat diskusi virtual beberapa waktu yang lalu.

Berikut ini daftar penjualan mobil listrik berbasis baterai per Agustus 2022 berdasarkan data wholesales Gaikindo:

Wuling Air ev: 821 unit
Hyundai Ioniq 5: 174 unit
Hyundai Ioniq EV: 16 unit
Hyundai Kona: 0 unit
Nissan Leaf: 0 unit
DFSK Gelora EV: 0 unit
Mini Cooper EV: 6 unit
Lexus UX300e: 4 unit

(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT