ADVERTISEMENT

BYD Segera Produksi Mobil di Thailand, Dikirim ke Indonesia Juga?

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 08 Sep 2022 19:42 WIB
BYD Tang EV600
BYD segera melakukan produksi di Thailand. Foto: BYD
Jakarta -

Pabrikan mobil listrik ternama asal China BYD akan segera memulai kegiatan produksinya di Thailand. Thailand merupakan hub produksi pertama BYD di kawasan Asia Tenggara. Di Thailand, BYD bakal memfokuskan produksi mobil dengan setir kanan. Ditargetkan setiap tahun akan ada 150.000 mobil lahir di sana.

"Mobil yang diproduksi di sana (Thailand) akan diekspor ke negara-negara ASEAN dan Eropa," jelas Divisi Manajer BYD Asia-Pasific Liu Xueliang dikutip Nikkei Asia.

Produksi mobil BYD bakal berlangsung di kawasan industri milik WHA Group seluas 96 hektar, di provinsi Rayong atau 140 km di tenggara kota Bangkok.

Dengan pabrik di Thailand, BYD bakal mendapat keuntungan dar perjanjian perdagangan ASEAN-China. Perjanjian tersebut memungkinkan pabrikan China mengirimkan mobil listrik ke Thailand tanpa dikenakan biaya.

Sebelum BYD, dua pabrikan China yang sudah berkecimpung di industri mobil listrik Thailand adalah Great Wall Motor dan SAIC Motor. Keberadaan BYD di Thailand dan rencana ekspor ke negara-negara ASEAN tentu membuka peluang mobil itu juga hadir di Indonesia.

Terlebih, pada akhir tahun 2021 Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara juga sempat mengungkap minat BYD untuk berkecimpung di industri otomotif Tanah Air.

"Ada BYD yang sudah berniat masuk ke Indonesia. Dan juga bukan hanya ingin mendapatkan pasar penjualan, tapi juga berniat untuk memproduksi. Ini cukup menarik. karena sudah selayaknya Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat berperan dalam industri otomotif. Apa pun powertrainnya ini mata rantainya akan panjang," kata Kukuh kala itu.

BYD T3 sebagai armada listrik baru PT Blue Bird TbkBYD T3 sebagai armada listrik baru PT Blue Bird Tbk. Foto: Ridwan Arifin

Mobil BYD sebenarnya sudah wara-wiri di jalanan Ibu Kota lantaran digunakan sebagai armada Blue Bird. Kehadiran BYD tentu akan menambah daftar produsen mobil China di Indonesia setelah Wuling dan juga DFSK.



Simak Video "Bukan Lagi Tesla, Ini Raja Mobil Listrik Dunia!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT