Sedan dan SUV Listrik Sudah, Selanjutnya Hyundai Mau Bikin MPV Listrik?

ADVERTISEMENT

Sedan dan SUV Listrik Sudah, Selanjutnya Hyundai Mau Bikin MPV Listrik?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 02 Sep 2022 14:05 WIB
Hyundai Stargazer
Mungkinkah Hyundai Stargazer digunakan menjadi basis mobil MPV listrik? Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Hyundai menggebrak pasar Indonesia dengan jajaran mobil listrik terbarunya. Mobil listrik jenis sedan dan SUV (Sport Utility Vehicle) sudah ada. Apakah Hyundai juga akan membuat mobil listrik dari platform MPV (Multi Purpose Vehicle)?

Seperti diketahui, Hyundai telah menanamkan investasi sekitar USD 1,55 miliar hingga 2030 untuk pembangunan pabrik manufaktur kendaraan di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Nilai investasi itu termasuk biaya operasional dan pengembangan produk.

Pabrik ini memiliki kapasitas tahunan sekitar 150.000 unit, kapasitas produksi tahunan akan mencapai 250.000 unit saat beroperasi penuh. Pabrik ini telah memproduksi beberapa model seperti Creta dan Stargazer.

Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS 2022Ioniq 5 Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)

Tidak hanya mobil combustion engine (mesin pembakaran dalam) pabrik yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 77 hektare ini juga sudah membuat mobil listrik full baterai jenis SUV, yakni Ioniq 5.

Sebelumnya Hyundai Indonesia juga telah memasarkan mobil listrik sedan Ioniq dan SUV listrik Kona EV. Kedua mobil ini didatangkan secara utuh (impor CBU) dari Korea Selatan dan masih dijual hingga kini.

Dengan portofolio yang luas di segmen kendaraan elektrifikasi, apakah Hyundai nantinya bakal membuat mobil listrik dari model MPV?

Hyundai Kona ElectricHyundai Kona EV Foto: Hyundai

"Potensi EV (Electric Vehicle) ini sangat besar, apalagi dengan (harga) bensin yang semakin naik. Lalu kita lihat, tanpa bensin naik pun, penerimaan EV juga sangat baik sekali, sehingga terlihat pada saat kita launching Ioniq pun -kita indennya sekarang sudah lebih dari 3.200 (unit), suplai kapasitas Cuma 150 (unit), walaupun awalnya cuma 100 (unit)," kata Makmur dalam acara Stargazer Driving Day di Malang, Jawa Timur (31/8/2022).

"Tapi ditanya apakah kita pikirkan EV (model) yang lain? Yes, pasti kita pikirkan. Cuma kapan? Tunggu tanggal mainnya," tambah Makmur.

Menarik dinanti akan seperti apakah mobil MPV listrik Hyundai di masa depan. Apakah akan menggunakan dari basis model yang sudah ada seperti Hyundai Stargazer atau menggunakan desain dan platform yang benar-benar baru.

Tim detikcom membuktikan seberapa tangguh mobil listrik bisa dikendarai untuk perjalanan jarak jauh. Hyundai Ioniq langsung gas Jakarta-Bali.Ioniq Electric Foto: Grandyos Zafna


Simak Video "Mobil Listrik Jadi Kendaraan Para Delegasi P20"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT