Hyundai Buka Peluang Stargazer Dijadikan Basis Mobil Low SUV

ADVERTISEMENT

Hyundai Buka Peluang Stargazer Dijadikan Basis Mobil Low SUV

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 01 Sep 2022 12:40 WIB
Hyundai Stargazer
Hyundai Stargazer. (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Selain low MPV, segmen low SUV juga menjadi market yang digarap oleh pabrikan-pabrikan besar. Mobil low SUV menawarkan kenyamanan dan kelegaan khas mobil 7-seater, namun memiliki nilai tambah dengan desainnya yang gagah. Apakah segmen ini nantinya juga akan dimasuki oleh low MPV terbaru, Hyundai Stargazer?

Sebagai catatan, mobil jenis low SUV punya cukup banyak pilihan di pasar otomotif Indonesia. Antara lain Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7, Daihatsu Terios, hingga Toyota Rush. Khusus Xpander Cross dan XL7 mengambil basis low MPV Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga.

Mitsubishi New Xpander CrossMitsubishi Xpander Cross dibangun dari basis low MPV Xpander Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik

Saat ditanya apakah Hyundai Stargazer bisa dikembangkan lagi desainnya menjadi sebuah mobil bergaya ala crossover, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur mengatakan hal itu bisa saja dilakukan.

"Jadi kita tunggu info teman-teman, apakah memang perlu (bermain di) segmen itu. Kalau info teman-teman emang perlu, (akan) dipertimbangkan, kita lakukan survei," kata Makmur dalam acara Hyundai Stargazer Driving Day di Malang, Jawa Timur, Rabu (31/8/2022).

Lanjut Makmur menambahkan, pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, memiliki kemampuan mengembangkan berbagai tipe mobil SUV. Saat ini pabrik Hyundai yang berdiri di atas lahan seluas 77 hektare tersebut tercatat sudah membuat beberapa produk SUV, seperti Creta dan mobil listrik Ioniq 5.

Suzuki XL7 Alpha FF meluncur di IIMS 2022Suzuki XL7 dibangun dari basis low MPV Ertiga Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

"Kita dari sisi pabrikan, R n D juga sudah siap. Kalau memang diperlukan tolong kasih kami input-an, kami akan pelajari. Tunggu tanggal mainnya," lanjut Makmur.

Saat ini Hyundai Stargazer menjadi salah satu tulang punggung penjualan Hyundai di Indonesia. Mobil ini tercatat sudah dipesan lebih dari 4.000 unit sejak pertama kali dipasarkan di Indonesia pada pertengahan Juli 2022 lalu.



Simak Video "Veloz-Xpander Sudah Elektrik, Kok Stargazer Masih Rem Tangan Manual?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT