ADVERTISEMENT

Daihatsu Gran Max Betah Pakai Wajah Lama Padahal Mesin Baru, Ini Alasannya

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 31 Agu 2022 17:06 WIB
Gran Max 1.5L
Daihatsu Gran Max Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)
Jakarta -

Daihatsu Gran Max menjadi satu pilihan kendaraan niaga yang diandalkan masyarakat Indonesia. Meski sudah mengusung mesin baru, tapi Daihatsu masih pertahankan wajah lama.

Dendy Triyanto, selaku Executive Coordinator Product 1 Dept Astra Daihatsu Motor mengatakan wajah baru bukan prioritas pada kendaraan niaga.

"Kami selalu prioritaskan kebutuhan konsumen. Kebutuhan di segmen komersial ini paling utama mesti harga, dari sisi produk apa? kedua adalah ekonomis, dan juga menyangkut performa. Kita melihat ini dulu concern dari konsumen. Khususnya di segmen bisnis," kata dia saat konferensi pers di Senayan Park, Jakarta Pusat, Selasa (31/8/2022).

"Yang penting mobilnya irit nggak, bertenaga nggak. Itu yang selalu menjadi harapan bagi konsumen di Indonesia. Mungkin di Jepang karakternya berbeda, mungkin di sana styling jadi salah satu opsi, pertimbangan untuk membeli mobil. Tapi kalau di sini fungsionalitas dari mobil (segmen komersial) itu sendiri," ujar Dendy.

Daihatsu Gran Max terbukti sukses memikat pelaku usaha di Indonesia. Gran Max sudah telah terjual lebih dari 700.000 unit sejak diluncurkan perdana pada tahun 2007.

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan kendaraan niaga di Indonesia lebih mengedepankan fungsionalitas. Tampang baru bukan menjadi pilihan konsumen di segmen kendaraan niaga.

"Berdasarkan hasil kebutuhan survei. Itu yang teratas (facelift Gran Max) adalah mesin, power, kemudian fuel consumption itu yang menjadi kebutuhan. Pengusaha tidak terlalu perduli dengan bentuknya. Bagi mereka bentuknya model apa, oke saja. Yang penting bagi mereka secara fungsionalitasnya," ujar Hendrayadi.

"Desain nomor terakhir-terakhir, nggak muncul (tiga besar). Nomor tiga, empat lebih kepada loading capacity, tonase."

"Risetnya benar-benar ke pengguna langsung. Kita tanya si pemakai, baik si owner ataupun drivernya. Kalau suara owner lebih kepada hitung-hitungan, kalau driver lebih kepada yang penting kepada power enak gak nariknya," jelas dia.



Simak Video "Pakai Mesin Xenia, Ini Wujud Daihatsu Gran Max Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT