ADVERTISEMENT

Penasaran, Segini Biaya Servis Rutin Supercar

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Minggu, 28 Agu 2022 16:40 WIB
Bengkel Mclaren di Jakarta
Foto: Bengkel Mclaren di Jakarta (Septian Farhan Nurhuda/detikoto)
Jakarta -

Sebagian kita mungkin tahu, mobil mewah atau premium butuh biaya ekstra untuk merawatnya. Bahkan, pemilik kendaraan McLaren bisa menghabiskan jutaan rupiah untuk sekali servis rutin.

Aftersales Manager McLaren Jakarta, Rino Rahmadi mengatakan, pemilik McLaren harus mengeluarkan dana hingga Rp 7 juta untuk sekali perawatan rutin. Selain jasa, biaya tersebut sudah termasuk oli dan penggantian sejumlah komponen.

"Estimasi untuk servis rutin mobil McLaren itu kurang lebih Rp 5-7 jutaan. Itu termasuk jasa, pergantian oli, filter oli dan drain plug. Kita juga sediakan inspeksi di 95 titik penting di kendaraan," ujar Rino saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Secara lebih rinci, Rino menjabarkan, proses pemeriksaan supercar berbeda dengan mobil-mobil konvensional. Itulah mengapa, ada inspeksi di 95 titik untuk memastikan seluruhnya dalam kondisi baik.

Rino menambahkan, komponen yang dibutuhkan untuk maintenance dan servis rutin selalu ready atau tersedia di bengkel resmi McLaren Jakarta. Sementara untuk komponen lain biasanya harus inden dan didatangkan langsung dari Inggris.

"Part lain memang harus inden, kita harus cek dulu di central warehouse-nya, apakah ready atau tidak," ungkapnya.

Diketahui, beberapa hari lalu, PT Eurokars Group Indonesia atau EGI resmi menjalin kemitraan dengan McLaren Automotive untuk mendirikan bengkel resmi di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Bengkel resmi itu merupakan satu-satunya layanan purnajual McLaren di Indonesia.

Bengkel resmi yang sudah mulai beroperasi sejak 1 Agustus 2022 itu menyediakan layanan lengkap termasuk perbaikan, pemeliharaan, dan suku cadang resmi. Pihak McLaren mengklaim, seluruh alat yang digunakan teknisi menggunakan teknologi canggih dan terkini.

Bukan hanya itu, teknisi atau mekanik di bengkel resmi McLaren juga bukan orang sembarang. Mereka semua tersertifikasi dan sudah melalui pelatihan yang tak sebentar.

"McLaren memiliki warisan pengembangan teknis selama hamper enam decade dan kami sangat senang membawa sejarah ini ke Indonesia melalui pembukaan layanan purna jual yang baru," kata Managing Director McLaren APACHI, Paul Harris.



Simak Video "Langka! Ternyata Cuma Segini Jumlah Mobil McLaren yang Beredar di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT