ADVERTISEMENT

BMW Z4 Roadster Diduga 'Tenggak' Pertalite di SPBU, Harusnya Isi BBM Ini

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 26 Agu 2022 14:36 WIB
BMW di SPBU
BMW Z4 Roadster diduga isi Pertalite. Foto: Instagram:crushmedia.id
Jakarta -

Mobil BMW Z4 Roadster bikin heboh di jagat dunia maya. Mobil seharga Rp 1,645 miliar itu diduga mengisi BBM jenis Pertalite di SPBU. Video itu dibagikan akun @crushmedia.id di Instragram, BMW Z4 berkelir biru tersebut terlihat bersebelahan dengan mobil MPV bercat putih.

Sementara petugas SPBU wanita yang mengenakan pakaian putih-hitam terlihat tengah melayani pemilik kendaraan. Unggahan itu pun menuai ragam komentar dari warganet.

"Mobil elit, dompet sulit," tulis @robertwang_.

"Positif thinking aja, mungkin abis isi Pertalite, langsung dimasukin Eco Racing," kata @_coconutice.

Adapun jika itu benar, BMW Z4 Roadster sebaiknya memang tidak mengisi Pertalite. Berdasarkan data spesifikasi yang tercantum dalam laman resmi BMW Z4 Roadster memiliki rasio kompresi mesin 10,2 : 1. Sedangkan Pertalite dengan Research Octane Number (RON) 90, lebih cocok digunakan mobil dengan rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1.

Bila rasio kompresi mesin di atas itu, biasanya dianjurkan untuk mengisi BBM dengan kadar RON yang lebih tinggi yakni 92. Untuk kepastian jenis BBM, pemilik juga bisa mengeceknya langsung di buku manual.

Perlu diingat, mengisi BBM memang sebaiknya sesuai dengan oktannya. Penggunaan BBM dengan kadar oktan lebih rendah dari seharusnya bisa menyebabkan mesin mengelitik. Bila dibiarkan terus menerus, kondisi mesin bisa lebih buruk, tidak efisien, serta menaikkan emisi gas buang. Bahkan paling parah bisa mengakibatkan turun mesin.

Pertalite saat ini memang menjadi BBM terfavorit. Salah satu faktornya adalah harga yang cukup terjangkau di kantong orang Indonesia. Pertalite saat ini dijual Rp 7.650 per liter. Selisihnya cukup jauh dengan BBM RON 92 sekelas Pertamax yang dijual Rp 12.500 per liter.

Untuk biaya operasional, menggunakan Pertalite tentu akan lebih hemat ketimbang Pertamax. Namun kabarnya, dalam waktu dekat harga Pertalite bakal dinaikkan meski belum diketahui besarannya.



Simak Video "Jangan Salahkan Pertalite, Mungkin Ini yang Bikin Kendaraan Jadi Lebih Boros!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT