Hati-hati! Sekring Meleleh Bisa Bikin Mobil Terbakar

ADVERTISEMENT

Hati-hati! Sekring Meleleh Bisa Bikin Mobil Terbakar

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 23 Agu 2022 17:18 WIB
Bengkel Mobil Auto2000 Surabaya
Ilustrasi bengkel Auto2000 (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikOto)
Jakarta -

Detikers pernah mendengar atau baca mengenai mobil terbakar di jalanan? Hati-hati ya, kejadian tersebut bisa terjadi pada detikers lho, kalau kalian tidak sering-sering melakukan service kendaraan dengan baik dan benar.

Soalnya mobil terbakar itu bisa saja disebabkan hal yang kerap dianggap sepele, yaitu disebabkan sekring meleleh. Nah detikers, dapat mengantisipasi sekring meleleh sebelum merambat ke masalah lebih besar, dengan mengetahui apa sih yang menjadi penyebab sekring meleleh, seperti yang disampaikan Auto2000.

1. Kualitas Sekring Jelek

Sekring dibuat dari lempeng logam yang didesain secara khusus dengan bentuk pipih dan terputus jika dilalui oleh arus listrik yang melampaui kapasitasnya. Bagian luar sekring dibalut plastik isolator berbagai warna sebagai pelindung sekaligus penanda ukuran sekring.

Komponen kelistrikan yang sedang bekerja akan menghasilkan panas. Sekring dengan kualitas kurang baik umumnya bermasalah dengan standar ukuran lempeng logam pemutus arus listrik. Alhasil, plastik isolator tidak mampu menahan panas sehingga sekring meleleh.

2. Sekring Tidak Sesuai Ukuran

Karena terburu-buru atau tidak ada cadangan, detikers mengganti sekring 5A yang putus dengan sekring 10A. Padahal, putusnya sekring mengindikasikan adanya masalah di sistem kelistrikan kendaraan.

Ditambah, semakin tinggi arus listrik maka semakin tinggi pula suhu panas yang dihasilkan. Saat arus listrik yang lewat sekring melebihi ketentuan, sekring tidak putus karena sudah diganti lebih besar. Suhu yang meningkat akan membuat rumah sekring meleleh dan memicu kebakaran.

Auto2000 ICONAuto2000 ICON Foto: Dok. Auto2000

3. Penambahan Beban pada Sekring

Modifikasi sistem kelistrikan mobil kerap dilakukan karena penambahan perangkat baru yang butuh arus listrik (modifikasi kelistrikan). Masalahnya, jalur sekring tidak dibuat terpisah dan menumpang ke sekring bawaan mobil.

Saat ingin menambah beban pada suatu rangkaian listrik, sebaiknya mengganti kabel bersama sekring dengan ukuran yang lebih besar dan sesuai kebutuhan.

Pastikan sistem perkabelan dibuat dengan baik oleh teknisi profesional dan menggunakan bahan berkualitas agar tidak mudah memicu hubungan arus pendek. Perombakan kelistrikan mobil akan terkait factor safety dan risiko garansi tidak dapat diklaim kalau sampai ada masalah. Oleh karenanya bila detikers ingin memasang aksesoris tambahan yang terkait dengan kelistrikan, pastikan merupakan aksesori resmi dan pemasangan dapat berkonsultasi dengan bengkel resmi.

4. Pemasangan Sekring Tidak Pas

Dudukan sekring dibuat sedemikian rupa supaya dapat menopang sekring dengan kuat dan aman. Pemasangan sekring pada dudukan atau terminalnya harus benar-benar presisi dan tidak boleh longgar. Kalau sampai longgar akan menimbulkan arus listrik yang tidak stabil sehingga memunculkan bunga api yang membuat sekring panas, meleleh, bahkan terbakar.

Cara Mudah Mencegah Sekring Mobil Meleleh

Cek kondisi sekring dan terminalnya setidaknya sebulan sekali, segera ganti jika sekring meleleh atau dudukannya longgar. Waspada potensi kerusakan seperti lampu depan yang hidup-mati berkali-kali atau bau sangit dari terminal sekring.

detikers juga disarankan segera menghubungi bengkel resmi. Jangan tunda mengganti sekring meleleh tentu dengan dengan ukuran yang sama dan part orisinal Toyota.

Periksa jalur kabel pada sekring yang meleleh dari kemungkinan masalah seperti sambungan kabel rusak. Urusan Toyota lebih mudah, servis di bengkel Auto2000 atau order layanan THS - Auto2000 Home Service di rumah, merupakan solusi mudah untuk mencegah sekring meleleh atau melakukan pengecekan kendaraan atas malfungsinya system kelistrikan.

"Sekring memiliki peran sangat penting dalam menjaga kinerja sistem kelistrikan mobil. Terlebih kendaraan modern Toyota membutuhkan sistem kelistrikan yang stabil dan aman supaya sanggup bekerja dengan baik. Waspada potensi sekring meleleh dan pastikan memeriksa kondisi sekring berikut terminal dan sistem perkabelan mobil supaya terhindar dari risiko masalah kebakaran mobil. Manfaatkan promonya, segera booking servis melaluiAuto2000 Digiroom," jelas Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.



Simak Video "Mobil Terbakar di Tol JORR Pulo Gebang Jaktim, 1 Unit Meluncur"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT