ADVERTISEMENT

Motuba Toyota Diterima Servis di Bengkel Resmi, tapi..

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 22 Agu 2022 13:34 WIB
Servis medium mobil kena banjir di Auto2000 Cilandak, Jakarta, Jumat (3/1/2020).
Ilustrasi servis mobil (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Motuba atau julukan bagi mobil tergolong tua merek Toyota masih diterima servis di bengkel resmi. Auto2000 masih menerima kendaraan Toyota yang sudah berusia lawas.

Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan masih ditemukan konsumen yang melakukan servis di bengkel resmi. Modelnya mulai dari Toyota Corolla Great hingga Kijang Kotak.

"Memang semakin tua mobil tua itu, part availability-nya semakin berkurang. Mobil tahun berapa yang masuk? ada juga Corolla Great masuk ke bengkel masih ada," ujar Tara saat ditemui di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

"Kijang TOB (Toyota Original Body) ada juga. Tapi memang teknologi berbeda banget dengan dahulu. Mobil yang dulu sebelum EFI, masih karburator, skill mekaniknya khusus," tambah dia.

Bicara standar pelayanan, pihaknya tidak membedakan bagi pengguna mobil baru atau keluaran lama. Namun dari sisi spare part, pihaknya tidak menjamin ketersediaannya. Secara teknologi mesin terus berevolusi.

"Mobil tua memang tidak semua part available, tapi kalau ada orang datang pakai mobil Toyota kita tidak akan tolak," kata Tara.

"Cuma memang tergantung perbaikannya apa yang perlu kita analisa. Biasanya kita juga konfirmasi juga ketersediaan part-nya. Jadi seperti Crown tahun 2003 sampai 2005 masih ada. Tapi kalau kena elektrikal atau sistem komputernya butuh waktu untuk menunggu," jelas dia.

"Biasanya kami perlu mengecek dulu ketersediaan partnya ke TAM (Toyota Astra Motor). Kalau pekerjaan rutin, perawatan rutin, Insya Allah tidak ada problem," sambungnya.

Namun ia mengatakan biasanya pihaknya juga mencarikan solusi suku cadang dengan kode mesin yang sama.

"Biasanya engine 7k, kan dipakai di Kijang, Corolla, sepanjang seri yang digunakan sama," jelas Tara.

Paket servis Toyota di Auto2000

Dia menjelaskan penurunan unit entry (unit masuk) kembali ke bengkel resmi memang mengalami penurunan. Biasanya karena garansi mobil sudah habis, hingga kendaraannya sudah berada di tangan kedua alias dijual.

"Memang umur mobil dipakai konsumen kita rata-rata 4 sampai 5 tahun. Biasanya orang masuk servis ke bengkel itu bagaimana? selama masa garansi, terus ada orang concern untuk merawatnya, biasanya mobilnya sudah dijual umumnya pembeli mobil second biasanya bukan ke bengkel resmi," jelas Tara.

"Di atas 3 - 4 tahun itu berkurang 20 - 30 persen dibanding sebelumnya. Ada faktornya, pertama mobil sudah dijual, umumnya mobil sudah pindah tangan. Sudah dipakai 3-4 tahun, mobilnya sudah tidak dipakai lagi, dijual," ungkap Tara.

Untuk menarik perhatian konsumen, pihak Auto2000 memberikan paket servis yang bernama "Spontan". Paket tersebut bisa dibeli oleh pemilik mobil Toyota. Salah satu paketnya misal Spontan A dengan durasi 1,5 tahun mendapat 2 kali servis berkala, atau Spontan B durasi 1,5 tahun yang terdiri dari 1 kali servis berkala, dan 1 kali servis besar, dan Spontan C durasi 1,5 tahun 3x servis kecil, dan 1 kali servis besar.

"Itu harganya fix di awal. Jadi, misalnya harga suku cadang atau jasa naik, untuk si pemilik yang pakai Paket Spontan tidak berlaku," tegasnya.

Tara mengklaim bisa menghemat 30 persen daripada servis tanpa paket tersebut.

"Kita punya alternatif kita jual paket spontan. Paket perawatan mobil, itu (penghematan) 30 persen lebih murah dari perawatan biasa," jelas Tara.



Simak Video "Cara Merawat dan Tekanan Angin Ban Serep Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT