ADVERTISEMENT

Suzuki S-Presso Pakai Transmisi AGS, Apa Kelebihannya?

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 19 Agu 2022 19:53 WIB
Transmisi AGS di Suzuki S-Presso
Tuas Transmisi Suzuki S-Presso AGS. Foto: (Hafizh Gemilang/detikOto)
Jakarta -

Masyarakat Indonesia kembali dijejali pilihan mobil baru dengan harga ramah di kantong. Pilihan itu datang usai Suzuki S-Presso diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Suzuki S-Presso ditawarkan dalam dua varian yakni MT dan AGS. Dua-duanya dibanderol tak sampai Rp 170 juta.

S-Presso versi MT ditawarkan dengan harga Rp 155 juta sedangkan varian AGS dibanderol Rp 164 juta. Dengan banderol segitu, Suzuki tetap menyematkan ragam fitur keselamatan di dalam S-Presso. S-Presso dibekali SRS Front Dual Airbags, Rear Parking Sensor, Immobilizer, ABS (Anti-lock Braking System), Seatbelt, Childproof Rear Door Locks, 3 Point Assist Grip, dan Alat Pemadam Api Ringan.

Hal unik lainnya juga ada pada transmisi yang diusung khususnya pada varian AGS. Suzuki S-Presso menggunakan transmisi Auto Gear Shift Technology (AGS) yang juga tersemat pada Ignis dan sebelumnya Karimun Wagon R. Teknologi AGS pertama kali dikenalkan oleh Maruti Suzuki di India pada tahun 2014. Teknologi ini memungkinkan perpindahan gigi dan kontrol kopling dilakukan secara elektronik tanpa campur tangan pengendara.

Transmisi AGS memiliki Intelligent Shift Control Actuator yang dioperasikan oleh Transmission Electronic Controller. AGS ini bekerja dengan mengintegrasikan aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul (TCM) untuk mengontrol kopling, persneling gigi, dan mesin.

PT Suzuki Indomobil Sales Indonesia (SIS) meluncurkan dua mobil baru, yakni S-Presso dan Baleno Facelift di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022).PT Suzuki Indomobil Sales Indonesia (SIS) meluncurkan dua mobil baru, yakni S-Presso dan Baleno Facelift di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022). Foto: Grandyos Zafna

Transmisi ini mampu memberikan perpindahan gigi dalam waktu yang optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara layaknya transmisi otomatis dan lebih hemat bahan bakar seperti halnya transmisi manual.

Keuntungan transmisi AGS lainnya adalah berkendara mengurangi keribetan pengendara. Pasalnya, dengan sistem AGS maka mobil hanya mengusung dua pedal seperti halnya mobil bertransmisi otomatis lain.

Tuas transmisi Suzuki S-Presso juga mirip dengan mobil matic. Ada Drive (D), Reverse (R), Netral (N), dan juga opsi naik turun gigi seperti mobil manual. Kemudian ada juga mode M (Manual) dan tanda + (naik gigi) serta - (turun gigi). Bedanya, tidak ada huruf 'P' di tuas transmisi AGS ini. Kalaupun mau parkir, kamu tinggal posisikan tuas di N dan tarik rem tangan.

Di sisi lain, keberadaan Suzuki S-Presso ini menjadi angin segar buat masyarakat yang menginginkan roda empat dengan harga terjangkau. S-Presso juga dihadirkan untuk membuka segmen baru dan berpotensi besar diterima masyarakat Tanah Air.

"Berdasarkan hasil studi internal kami, konsumen menginginkan mobil yang compact, lincah, dan irit bahan bakar tapi memiliki desain yang sporty dan SUV. Jadi kami melihat dari hal itu," kata 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra.



Simak Video "Jadi Mobil Termurah yang Dijual Suzuki, Seberapa Laris S-Presso?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT