ADVERTISEMENT

Mau Diborong Bos Jalan Tol Jusuf Hamka, Toyota bz4X Sudah Bisa Dipesan?

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 13 Agu 2022 17:28 WIB
Mobil listrik Toyota bZ4X resmi dirilis di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. SUV ramah lingkungan ini dirilis pada hari pertama penyelenggaraan GIIAS 2022.
Jusuf Hamka kepincut Toyota bZ4X. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Tangerang -

Jusuf Hamka terlihat menghadiri pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Bos jalan tol itu bukan sekadar menghadiri pembukaan pameran otomotif yang diselenggarakan setiap tahun tersebut. Kabarnya, ia juga memborong puluhan mobil listrik dengan model beragam.

Ditemui detikcom di arena GIIAS 2022, Jusuf Hamka mengatakan iya sudah berencana membeli mobil listrik dari berbagai merek seperti Wuling, Lexus, hingga Toyota. Menariknya, satu di antara model incaran pengusaha kelahiran Samarinda tersebut justru belum dijual di Indonesia. Adalah Toyota bZ4X yang baru sekadar dipamerkan pada ajang GIIAS 2022.

"Kalau yang Lexus (UX300e) itu nanti akhir tahun (baru dikirim). Lexus 10 aja buat anak-anak. (Kalau) bZ4X 5 unit, buat manajer-manajer," kata Jusuf.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menyebut saat ini bZ4X masih bersifat pajangan dan belum dijual. Meski begitu tidak menutup kemungkinan Toyota bZ4X bakal dijual di Indonesia. Namun ketika ditanya soal pemesanan bZ4X oleh Jusuf Hamka, Anton justru menegaskan mobil belum bisa dipesan.

"Belum," jelas Anton saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (12/8/2022).

Sekadar informasi SUV listrik Toyota bZ4X ini diproduksi di Jepang dan China. Secara tampilan, bZ4X punya tampak futuristik. Mobil ini memiliki grille heksagonal kecil di bagian bawah dan terdapat semacam insang vertikal di ujung kanan kirinya.

Mobil ini merupakan pengembangan bersama dengan Subaru. Toyota bZ4X akan menggunakan platform e-TNGA yang telah didesain untuk kendaraan listrik Toyota.

bZ adalah singkatan dari Beyond Zero dan merupakan sebutan untuk keluarga kendaraan listrik Toyota yang akan datang. Perusahaan telah mengajukan merek dagang untuk bZ1X hingga bZ5X.

Secara performa, bZ4X menggunakan baterai lithium-ion 355 Volt kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi. Sekali mengisi penuh baterai, mobil ini bisa menjangkau jarak hingga 500 km untuk tipe FWD dan 460 km untuk tipe AWD. Baterai mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW, yang mampu mengisi daya 80 persen dalam 30 menit.



Simak Video "Innova Listrik atau bZ4X, Mobil Listrik Toyota Apa yang Akan Datang Tahun Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT