ADVERTISEMENT

Sukses Mobil Listrik di Indonesia Tergantung Harga

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 11 Agu 2022 12:33 WIB
Wuling Air ev Mulai Diproduksi di Indonesia
Foto: Mobil listrik Wuling Air ev (Luthfi Anshori/detikcom)
Jakarta -

Indonesia sedang beralih ke era kendaraan elektrifikasi. Pemerintah menyebut dukungannya terhadap kendaraan listrik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, pemerintah terus mendorong industri kendaraan elektrifikasi. Dia mengatakan, Indonesia harus menjaga nett zero emission yang ditargetkan bisa tercapai pada 2060 atau lebih cepat.

"Dan kita target COP (konferensi perubahan iklim) Paris salah satunya Euro 4 dan dilanjutkan dengan EV apa pun variannya (termasuk hybrid dan plug-in hybrid)," ucap Airlangga dalam sambutannya di acara pembukaan GIIAS 2022 di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/202).

Untuk mendukung kendaraan listrik, Pemerintah telah merilis beberapa regulasi. PLN juga didorong untuk membuat ekosistem pengisian baterai kendaraan listrik.

"Sehingga tentu masyarakat lebih mudah untuk memilih EV charge (mobil listrik berbasis baterai). Sekarang sudah mulai terlihat EV charge yang harganya mulai bersaing dengan range Rp 200-300 juta. Ini menjadi bagian dari apakah EV diminati masyarakat tergantung dari price range," sebut Airlangga.

Ke depan, Airlangga menegaskan Pemerintah terus memberikan fasilitas pendukung untuk kendaraan listrik. Tak cuma untuk mobil listrik impor, kendaraan elektrik juga didorong diproduksi di Indonesia.

"Sehingga bukan hanya mengimpor kendaraan tapi juga menciptakan lapangan kerja dan menghemat devisa dan substitusi impor. Karena apa pun mobilnya, tentu bannya sama. Kalau ban EV tidak kotak, tetap bulat. Sehingga tetap bisa dipakai. Kacanya sama, lampunya sama. Wiring-nya juga sama. Yang beda cuma nggak ada suaranya saja. Jadi local content bisa juga didorong," sebutnya.

Untuk saat ini, mobil listrik yang harganya murah baru Wuling Air ev. Wuling Air ev dibanderol sekitar Rp 250-300 jutaan. Selain Wuling, mobil listrik yang dijual di Indonesia harganya masih di atas Rp 500 juta.



Simak Video "Pabrikan Dilarang Produksi Mobil Bensin pada 2035, Setuju?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT