ADVERTISEMENT

Pabrik Wuling Cikarang Produksi 10 Ribu Air ev Tiap Tahun, Akan Buat Mobil Listrik Lain Juga?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 09 Agu 2022 18:27 WIB
Wuling Air ev Mulai Diproduksi di Indonesia
Wuling Air ev diproduksi di pabrik PT SGMW Motor Indonesia di Cikarang, Bekasi. Foto: Luthfi Anshori/detikcom
Jakarta -

Pabrik PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, resmi dijadikan basis produksi mobil listrik Air ev. Tidak berhenti di model tersebut, Wuling berencana memproduksi model mobil listrik lain di pabrik seluas 60 hektare itu.

Wuling Motor Indonesia melakukan gebrakan dengan memperkenalkan mobil listrik pertamanya di Indonesia, Air ev. Mobil listrik mungil tersebut dibuat di Indonesia, untuk masyarakat Indonesia dan diekspor ke berbagai negara.

Dengan estimasi harga Rp 250 juta hingga Rp 300 juta, Wuling Air ev jadi mobil listrik baterai termurah di Tanah Air dibanding mobil listrik baterai buatan pabrik Jepang dan juga Korea Selatan.

Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani menjelaskan, Air ev akan diproduksi sebanyak 10 ribu unit setiap tahunnya. Tapi tidak menutup kemungkinan kapasitas produksinya akan ditambah sesuai permintaan pasar. Bahkan juga terbuka peluang untuk memproduksi model-model mobil listrik lainnya.

"Saat ini iya (kapasitas produksi 10 ribu unit untuk Air ev). Namun seiring berjalan waktu, kalau kita lihat Wuling semakin lama semakin berkembang, jadi tidak menutup kemungkinan nanti nggak tahu kapan untuk lebih berkembang lagi dan untuk model lain lagi. Namun untuk saat ini kita masih fokus Air ev," kata Dian di pabrik PT SGMW Motor Indonesia, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Di negara China sendiri Wuling sedang menyiapkan produk-produk mobil listrik lainnya, termasuk dari jenis Hybrid dan Plug-in Hybrid, yang rencananya akan diluncurkan tahun ini. Apakah ada kemungkinan kedua jenis mobil listrik tersebut juga dibawa dan diproduksi secara lokal di Cikarang?

"Kalau kita lihat di headquarter di China, platform mobil elektrik maupun hybrid banyak ya. Dan itu memang sejalan dengan komitmen jangka panjang kita, pasti banyak produk-produk yang mau kita bawa ke sini. Dan ketika itu sesuai dengan visi pemerintah, kita juga bawa ke sini. Tetapi kita lihat dulu produk yang sesuai dengan market itu seperti apa?," jelas Dian.



Simak Video "Mulai Rp 5 Jutaan, Ini Skema Cicilan Mobil Listrik Wuling Air EV "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT