ADVERTISEMENT

Hyundai Berencana Bikin Mobil Listrik Murah Harga Rp 300 Jutaan

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 04 Agu 2022 12:54 WIB
Hyundai i10 di Paris Motor Show
Hyundai i10. (Foto: Motor1)
Jakarta -

Hyundai berencana membuat produk mobil listrik murah seharga 20 ribu euro (Rp 303,4 juta) untuk pasar Eropa. Calon mobil listrik terbaru Hyundai ini disebut-sebut mengusung konsep city car seperti Hyundai i10.

Dikutip dari laman Cartoq, Hyundai akan memperluas portofolio kendaraan elektrifikasinya dengan membidik segmen harga yang memiliki volume yang lebih besar. Jika sebelumnya Hyundai memiliki varian Ioniq dengan harga menengah ke atas, kali ini Hyundai mau bikin mobil listrik harga Rp 300 jutaan.

Calon mobil listrik Hyundai yang kemungkinan besar menggunakan bahasa desain Hyundai i10 ini kabarnya akan dipasarkan di Eropa, termasuk di India untuk bersaing dengan mobil listrik kecil lainnya seperti Cupra dan Skoda, yang didukung platform MEB.

Segmen mobil harga Rp 250 jutaan-Rp 300 jutaan menjadi segmen yang sangat gemuk di negara-negara seperti India juga Indonesia. Maka tidak heran jika Hyundai akan membuat mobil listrik di rentang harga Rp 300 jutaan untuk memenuhi permintaan pasar.

Berkaca di pasar Indonesia, saat ini sudah ada mobil listrik di harga Rp 250 jutaan-Rp 300 jutaan dalam wujud Wuling Air ev. Mobil listrik mungil asal China itu sudah dipasarkan di Indonesia dan konsumen sudah bisa memesannya saat ini juga.

Hyundai Ioniq 6Hyundai Ioniq 6 Foto: Pool (Hyundai/The Verge)

Hyundai sendiri memiliki target meluncurkan enam mobil listrik baru pada 2028 mendatang. Hyundai saat ini sudah memasarkan crossover listrik Ioniq 5 di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Pabrikan Korea Selatan ini juga telah meluncurkan Ioniq 6 beberapa waktu lalu.

Kabarnya Hyundai juga sedang mengembangkan Ioniq 7, SUV listrik yang mungkin mulai dijual pada tahun 2024. Ioniq 7 diharapkan bisa bersaing dengan model-model terkenal lainnya seperti Tesla Model X dan Mercedes-Benz EQB.

Menurut laporan, meskipun kemungkinan besar akan ditampilkan pada akhir 2022 atau awal 2023. Platform bersama E-GMP untuk mobil listrik dari Hyundai-Kia akan berfungsi sebagai platform dasar bagi Ioniq 7.



Simak Video "Tok! Hyundai Tak Lagi Produksi Mobil Listrik Ioniq"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT