ADVERTISEMENT

Toyota Corolla Cross Bensin, Baru Seumur Jagung Sudah Pamit dari Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 04 Agu 2022 11:05 WIB
Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 457,8 Juta
Toyota hanya menjual Corolla Cross versi hybrid. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta -

Toyota Corolla Cross versi bensin sudah tidak lagi dijual di Indonesia. Di Tanah Air, umur Corolla Cross bensin sendiri baru seumur jagung.

Sedikit kilas balik, Corolla Cross bensin pertama kali hadir di Indonesia pada Agustus 2020. Namun belum genap dua tahun, Corolla Cross bensin sudah tak lagi dijual.

Kala itu, ada dua tipe Corolla Cross yang dihadirkan. Pertama adalah Corolla Cross 1.8 Gasoline yang berbekal mesin 1.8L 2 ZR-FE. Kemudian tipe satu lagi adalah Corolla Cross hybrid yang memadukan mesin 2ZR-FXE dan motor listrik.

Dari sisi fitur, tidak ada perbedaan signifikan antara keduanya seperti rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Khusus All New Corolla Cross Hybrid mendapat tambahan fitur kenyamanan dengan adanya pengaturan posisi duduk 6 arah secara elektrik dan power back door dilengkapi kick sensor yang memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi.

Kemudian dari sisi harga, keduanya tidak juga terpaut jauh. Saat perdana meluncur selisih harga Corolla Cross bensin dan hybrid hanya terpaut Rp 40 juta dimana versi hybrid yang lebih mahal.

Nyatanya kalau melihat angka penjualan, Corolla Cross versi hybrid memang lebih laris. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan wholesales Corolla Cross hybrid sepanjang 2020 sebanyak 652 unit, sedangkan versi bensin 449 unit. Lalu pada tahun 2021, Corolla Cross versi hybrid terdistribusi sebanyak 1.304 unit dan versi bensin 215 unit.

Pada tahun 2022, tidak ada lagi Corolla Cross versi bensin yang didistribusi ke dealer-dealer. Diketahui, Toyota memang sudah tidak lagi menjual Corolla Cross bensin dan lebih fokus pada versi hybridnya. Sementara penjualan Corolla Cross hybrid masih terus berjalan. Di usianya yang menginjak dua tahun ini, Corolla Cross hybrid masih menjadi salah satu andalan Toyota. Pasalnya, Corolla Cross hybrid juga merupakan mobil hybrid termurah di Tanah Air.



Simak Video "Mobil Baru Bakal Bermunculan, Tapi Mobil ini Disuntik Mati Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT