ADVERTISEMENT

Maaf Bedanya Jauh, Hyundai Palisade Tak Bisa Disejajarkan dengan Pajero dan Fortuner

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 02 Agu 2022 11:08 WIB
Jakarta -

Hyundai Indonesia menolak pendapat yang mengatakan Hyundai Palisade pesaing Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Hyundai Palisade disebut-sebut berada di kasta yang lebih tinggi, yakni SUV premium.

Dijelaskan Chief of Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, Hyundai Palisade ada di segmen SUV E dan F. Dan model yang cocok jadi pesaing Pajero Sport dan Fortuner dari HMID adalah Hyundai Santa Fe.

"Mungkin saya perlu luruskan sedikit, jadi tolong pelajari segmentasi kendaraan. Kebetulan Palisade ini segmennya di atas Hyundai Santa Fe. Dan Hyundai Santa Fe bermain di segmen yang tadi Anda bilang (Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner). Jadi Palisade segmennya lebih tinggi," kata Makmur di Jakarta.

Mitsubishi Pajero Sport FaceliftMitsubishi Pajero Sport Foto: Dok. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)

Kalau dibandingkan dari segi harga, Fortuner dan Pajero Sport punya perbedaan harga signifikan dari Palisade. Fortuner dibanderol pada rentang harga Rp 545,3 juta hingga Rp 602,9 juta. Sedangkan Pajero Sport harganya antara Rp 552,8 juta hingga Rp 720,5 juta.

Sementara itu Hyundai Palisade harganya ada di kisaran Rp 842 juta hingga Rp 1,110 miliar. Lalu untuk Hyundai Santa Fe yang disebut-sebut pesaing bagi duo Pajero Sport dan Fortuner, harganya ada di rentang Rp 569 juta hingga Rp 629 juta.

Di luar perbedaan harga, ada perbedaan-perbedaan lain yang jadi alasan Palisade tidak cocok disandingkan dengan Pajero Sport dan Fortuner. Yang paling kelihatan tentunya adalah platform sasis yang digunakan masing-masing model.

Pajero Sport dan Fortuner dikenal sebagai SUV yang menggunakan sasis tipe ladder frame. Sasis ladder frame menggunakan frame (rangka) dan bodi yang terpisah, lalu dijadikan satu.

New Kijang Innova dan New FortunerToyota Fortuner Foto: Dok. Tpyota-Astra Motor (TAM)

Sementara Palisade menggunakan sasis jenis monokok, di mana frame dan bodi menjadi satu kesatuan. Selain Palisade, sasis monokok ini juga dipakai di SUV Honda CR-V dan Mazda CX-9.

Mengulas dari sisi dimensi, Hyundai Palisade memiliki panjang keseluruhan 4.995 mm, lebar 1.975 mm, tinggi 1.750 mm, jarak sumbu roda 2.900 mm, dan ground clearance 203 mm.

Sementara Pajero Sport memiliki panjang keseluruhan 4.825 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.835 mm, dan ground clearance 218 mm. Lalu Toyota Fortuner punya panjang keseluruhan 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm, dan jarak sumbu roda 2.745 mm.

Dengan banderol lebih mahal, fitur safety di Hyundai Palisade lebih komplet, yang terangkum dalam paket Hyundai Smart Sense. Palisade juga memakai kursi ala captain seat di baris kedua. Pada New Palisade yang baru diluncurkan juga sudah mengadopsi fitur konektivitas Blue Link.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT