ADVERTISEMENT

Nissan Livina Berwajah Xpander 'Made in Cikarang' Merambah Filipina

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 29 Jul 2022 16:35 WIB
Wajah Livina hingga bentuknya sangat identik dengan Xpander berkat bergabungnya Mitsubishi dengan aliansi Renault-Nissan. Yuk, lihat lebih dekat.
Nissan Livina berwajah Xpander mulai merambah ke Filipina. (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta -

Filipina menjadi negara tujuan pertama dari Nissan Livina yang digarap oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). Berdasarkan data distribusi ekspor CBU Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), MMKI mengekspor beberapa model yakni Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross, dan Nissan Livina.

Sejak pertama kali lahir tahun 2019, ini merupakan kali pertama Nissan Livina berwajah Xpander diekspor ke luar negeri. Tapi kalau bicara untuk model Livina secara keseluruhan, dulu Nissan juga sempat mengekspor MPV itu ke beberapa negara.

"Iya betul (ekspor Livina ke Filipina," ungkap Head of Marketing Communication Nissan Motor Distribution Indonesia Julian Olmon saat dikonfirmasid detikcom, Jumat (29/7/2022).

Tercatat pada Juni 2022 ada 65 unit Nissan Livina buatan pabrik MMKI di kawasan Cikarang. Seluruhnya ditujukan ke Filipina. Setidaknya ada empat varian Nissan Livina yang dikirim ke Filipina yakni satu bertransmisi manual sedangkan tiga lainnya mengusung transmisi otomatis.

Sayang untuk spesifikasinya belum terungkap lebih detail. Bila merujuk pada laman resmi Nissan Filipina, belum ada nama Livina di dalamnya. Saat ini, Nissan di Filipina hanya menawarkan Navara, Urvan, Patrol, 370Z, GT-R, Leaf, Almera, dan juga Terra.

Meski begitu, mengutip media Filipina Autoindustriya, Nissan Filipina memang sudah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan Livina berwajah Xpander.

"Filipina menggunakan setir kiri," tambah Julian.

Diduga kuat tidak ada perbedaan signifikan pada spesifikasi maupun fitur pada Nissan Livina di Filipina. Nissan Livina diprediksi akan mengusung mesin 1.5 L 4A91 yang sama dengan Xpander.

Kemudian dari sisi fitur, kemungkinan besar tidak mendapatkan kamera 360. Tapi kepastiannya tentu menunggu waktu peluncuran. Namun perlu digarisbawahi bahwa penyematan fitur biasanya disesuaikan dengan aturan di negara tujuan supaya tetap memenuhi standar keselamatan.



Simak Video "Xpander Sudah Disegarkan, Livina Kapan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT