ADVERTISEMENT

Kembaran Avanza-Xenia Punya Fitur Lebih Canggih, Harga Lebih Murah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 21 Jul 2022 16:07 WIB
Perodua Alza
Perodua Alza. (Foto: Dok. Perodua)
Jakarta -

Perusahaan otomotif Malaysia, Perodua, meluncurkan MPV barunya yang menjadi kembaran Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, yaitu Perodua Alza. Perodua Alza memiliki fitur-fitur canggih yang tidak dipunyai Avanza-Xenia di Indonesia.

Dari bentuknya, Perodua Alza ini mirip seperti Avanza-Xenia. Namun, fasia depannya agak berbeda terutama di bagian grille. Perodua Alza mengusung grille chrome & glossy black. Di bagian depan juga ada lampu utama LED serta lampu sein sequential (menyala mengalir).

Perodua akan menawarkan tiga varian Alza, X, H dan AV. Varian terendah atau tipe X hadir dengan lampu depan LED dengan fungsi follow-me home. Selain itu, ada juga kaca spion elektrik dengan lampu sein LED (lipat manual), jok berbahan fabric, kontrol AC depan (digital) dan belakang (manual), serta Advanced Safety Assist (ASA) berupa Pre-collision warning, pre-collision braking, pedal misoperation control, dan front departure alert.

Perodua AlzaPerodua Alza Foto: Dok. Perodua

Sementara untuk tipe H, ditambahkan mode berkendara (Eco, Normal, Power), lampu depan LED dengan fitur Adaptive Driving Beam, lampu sein LED yang menyala mengalir ala mobil mewah, kaca spion yang bisa dilipat otomatis, sandaran tangan belakang, layar MID TFT 7,0 inci, head unit layar sentuh 9,0 inci dengan kamera mundur, dan sensor parkir depan.

Tipe tertinggi AV lebih mewah lagi dengan tambahan jok semi-kulit two-tone, rem parkir elektrik dengan auto brake hold dan kamera parkir 360 derajat. Yang berbeda dengan Avanza-Xenia di Indonesia adalah Perodua Alza tipe AV mendapatkan Adaptive Cruise Control yang bisa melaju secara otomatis mengikuti jarak mobil di depannya tanpa input gas dan rem. Selain itu, fitur canggih lainnya berupa Lane Keep Control, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert tetap terseda. Tipe AV juga mendapat enam airbag, termasuk airbag tirai.

Perodua AlzaPerodua Alza Foto: Dok. Perodua

Satu lagi fitur Perodua Alza yang tidak ada di Avanza-Xenia di Indonesia. Perodua membekali perangkat Integrated Driving Video Recorder (DVR). Perangkat ini berfungsi seperti black box atau kotak hitam di pesawat, sebagai perekam ketika berkendara.

Spesifikasinya kurang lebih sama. Perodua Alza yang jadi kembaran Avanza-Xenia ini mengusung mesin 2NR-FE 4 silinder 1.500 cc Dual VVT-i dengan transmisi otomatis D-CVT.

Di Malaysia, Perodua Alza dijual mulai dari 62.500 ringgit (Rp 210 jutaan) untuk tipe X, 68.000 ringgit (Rp 230 jutaan) untuk tipe H, dan 75.000 ringgit (Rp 252 jutaan) untuk tipe AV. Sebagai pembanding, Avanza di Indonesia saat ini dijual Rp 233,1 juta sampai Rp 295,8 juta, Veloz Rp 286-331,1 juta, serta Xenia Rp 216,9-274,1 juta.



Simak Video "Stargazer, Avanza, hingga Xpander, Mana yang Paling Laris di GIIAS Kemarin?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT