ADVERTISEMENT

Ini Alasannya Mobil Patroli Polisi Suka Berhenti di Bahu Jalan Tol

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 20 Jul 2022 11:20 WIB
Polisi bantu ibu yang hendak melahirkan di dalam mobil PJR
Ilustrasi mobil polisi berhenti di bahu jalan atau di atas marka jalan. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Bagi kamu yang sering melintas di jalan tol, melihat mobil patroli polisi berhenti di bahu jalan mungkin bukan pemandangan asing. Memang tidak setiap bahu jalan, namun beberapa kali terlihat mobil patroli polisi berhenti di pinggir atau di marka serong dekat gerbang keluar tol.

Adapun, mobil patroli polisi berhenti di bahu jalan bukan tanpa alasan melainkan tengah memantau pergerakan lalu lintas di sekitar.

"Untuk berhenti di bahu jalan anggota yang sedang melakukan patroli tersebut mungkin sedang melakukan pantauan arus lalin, banyak juga pengemudi jalan suka melintasi bahu jalan," jelas Kanit II Walsus Subdit Wal dan PJR Korlantas Polri Iptu Max Punuh.

Bahu jalan sendiri memang tidak bisa asal dilintasi oleh sembarang kendaraan. Namun pada kenyataannya di lapangan, bahu jalan ini sering disalahgunakan pengendara.

Beberapa di antara pengendara itu memanfaatkan bahu jalan untuk menyalip karena melihatnya kosong. Padahal untuk menyalip, pengendara harusnya lewat lajur kanan. Di sisi lain, bahu jalan juga jarang dijaga oleh pihak kepolisian.

Penggunaan bahu jalan sendiri diatur dalam pasal 41 ayat 2 Peraturan Pemerintah No.15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol dengan fungsi sebagai berikut

a. digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat;
b. diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat;
c. tidak digunakan untuk menarik/menderek/ mendorong kendaraan;
d. tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan/atau barang dan/atau hewan

"Banyak juga pengemudi jalan suka melintasi bahu jalan, padahal bahu jalan tersebut adalah salah satu badan jalan yang nantinya digunakan petugas pada saat patroli ketika dia akan mengevakuasi korban ketika terjadi kecelakaan sehingga bahu jalan diharapkan steril," jelas Max.

Selain di bahu jalan, Max juga menjabarkan titik lain tempat petugas patroli berhenti di tol. Umumnya, bila berhenti di marka ganda, petugas patroli tengah melakukan pengawalan.

"Kemungkinan juga sedang menangani kecelakaan ataupun menutup jalur ketika sedang ada perjalanan VIP ataupun VVIP," pungkas Max.

Simak juga Video: Polri Dapat Tesla Untuk Mobil Patroli Gratis!

[Gambas:Video 20detik]



(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT