ADVERTISEMENT

Honda ZR-V Dijual Mulai September, Indonesia Kapan?

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 18 Jul 2022 10:44 WIB
Honda ZR-V di Jepang
Honda ZR-V Foto: Dok. Honda
Jakarta -

Honda bakal menambah lini produk mobil bergaya Sport Utility Vehicles (SUV) lewat ZR-V. Rencananya mobil ini dijadwalkan rilis pada bulan September 2022 di Jepang terlebih dahulu, bukan di Indonesia.

Tampan dari ZR-V yang bakal meluncur di Jepang berbeda dengan SUV RS Concept yang dipamerkan di Indonesia.

ZR-V dijadwalkan juga bakal dipasarkan mulai 2023 di pasar Eropa. Sebagai informasi, di China, Honda ZR-V telah meluncur sebagai kembaran dari HR-V versi Amerika Serikat. Sama seperti dengan Jepang, nama Honda ZR-V didaftarkan untuk SUV baru di segmen C di Eropa.

Honda ZR-V mempunyai dua pilihan varian mesin bensin, yakni berkapasitas 1.5 liter turbo dengan transmisi CVT serta pilihan mesin hybrid yaitu Sports e: HEV berkapasitas 2.0 liter direct injection segaris serta two-motor hybrid system. Honda ZR-V juga menghadirkan fitur real-time AWD yang dapat digunakan di berbagai kondisi jalan seperti bersalju.

Honda ZR-V di JepangHonda ZR-V di Jepang Foto: Dok. Honda

Honda akan menampilkan model Honda ZR-V ini pada acara pre-launch mulai tanggal 13-14 Agustus 2022 di The "BIGMAN" square, Hankyu Umeda Station, Osaka kemudian lanjut di tanggal 20-21 Agustus 2022 di The event space, Tokyo Station dan di tanggal 27-28 Agustus 2022 di The JR Gate Tower, Nagoya Station, Aichi.

SUV RS Concept di Indonesia

Melihat nama Honda ZR-V digunakan di SUV yang lebih besar di Jepang, rasanya belum pas untuk pesaing Rocky-Raize yang bermain di kelas SUV segmen A. Padahal, sebelumnya dirumorkan nama Honda ZR-V akan digunakan untuk versi produksi dari Honda SUV RS Concept, calon pesaing Rocky-Raize.

Setelah meluncur di China dan dipastikan bakal dijual di Eropa 2023, dan Jepang 2022, apakah Honda ZR-V dengan basis dari SUV RS Concept bakal dijual juga di Indonesia? mengingat Honda belum memasarkan small SUV di Tanah Air.

Sinyal kehadiran mobil baru Honda sudah tercium lewat Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat. Harga dasarnya lebih murah dari Honda BR-V.

Tertulis "DG47" untuk transmisi manual dan "DG48" transmisi otomatis. Kode itu juga disertai angka 1.5 menandakan bakal tersemat mesin 1.500 cc.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy enggan mengomentari lebih jauh kehadiran kode baru mobil Honda di Samsat. Pun, dia tidak menampik ataupun membenarkan tentang kehadiran kode baru itu sebagai bentuk SUV RS Concept.

"Pendaftaran di Samsat itu merupakan administratif yang belum mengacu pada waktu produksi atau peluncuran produk tertentu ya. Jadi kami belum dapat memberikan informasi terkait hal ini," kata Billy saat dihubungi beberapa waktu yang lalu.



Simak Video "Kei Car Mau Masuk Indonesia? Ini Tantangannya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT