Honda Siapkan SUV Pesaing Raize-Rocky, Paten Desainnya Muncul di Indonesia

ADVERTISEMENT

Honda Siapkan SUV Pesaing Raize-Rocky, Paten Desainnya Muncul di Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 11 Jul 2022 13:55 WIB
Paten Desain Honda ZR-V Calon Pesaing Raize-Rocky
Paten Desain SUV Honda Calon Pesaing Raize-Rocky. (Foto: Dok. Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkum HAM)
Jakarta -

Honda tampaknya sedang menyiapkan SUV compact calon pesaing Raize dan Rocky di Indonesia. Setelah meluncurkan SUV RS Concept di GIIAS 2021 lalu, kini muncul dugaan versi produksi massal dari SUV tersebut.

Paten desain SUV Honda calon pesaing Raize dan Rocky itu muncul di dokumen Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Paten desain itu sangat identik dengan SUV RS Concept. Paten desain ini diajukan oleh Asian Honda Motor Co., LTD.

Honda SUV RS Concept dipamerkan di GIIAS 2021Honda SUV RS Concept dipamerkan di GIIAS 2021 Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Kalau melihat tren atau kebiasaan yang dilakukan Honda selama ini, SUV RS Concept hampir pasti akan diproduksi sebagai sebuah mobil massal. Strategi ini sering dilakukan Honda sebelum meluncurkan mobil baru dengan memperkenalkan versi konsepnya dan meluncurkan versi produksi massal yang desainnya tak jauh berbeda. Contohnya seperti Small RS Concept yang jadi All New Brio atau N7X Concept yang kemudian dirilis menjadi All New BR-V.

Secara tampilan tak ada perbedaan antara paten desain SUV Honda ini dengan versi konsepnya. Desain mobil ini tampil dengan bodi yang ramping, garis yang tajam dan kokoh, serta grille yang menyatu dengan bodi yang semakin memperkuat karakter sporty.

Paten Desain Honda ZR-V Calon Pesaing Raize-RockyPaten Desain Honda ZR-V Calon Pesaing Raize-Rocky Foto: Dok. Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkum HAM

Mobil ini punya tampilan dua warna (two-tone) antara warna bodi dan atapnya. Memperkuat karakter sporty, ada juga bagian roof rail hingga bodykit khas sebuah SUV.

Sebelumnya, sinyal kehadiran mobil baru Honda juga menguat setelah datanya muncul di Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat. Harga dasarnya lebih murah dari Honda BR-V. Dalam laman Nilai Jual Kendaraan Bermotor Samsat DKI Jakarta, tertulis kode "DG47" untuk transmisi manual dan "DG48" transmisi otomatis. Kode itu juga disertai angka 1.5 menandakan bakal tersemat mesin 1.500 cc.

Honda SUV RS Concept dipamerkan di GIIAS 2021Honda SUV RS Concept dipamerkan di GIIAS 2021 Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Kode DG juga sebelumnya terpasang pada bodi generasi baru Honda BR-V. Itu merupakan jawaban Honda untuk bersaing di pasar Low SUV. Kemungkinan kode itu merujuk kepada versi produksi dari SUV RS Concept.

Mobil konsep SUV RS itu merupakan small SUV. Mobil jenis SUV mungil saat ini mulai ditawarkan lewat beragam pabrikan, mulai dari Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Sonet, dan Nissan Magnite.

Dalam kode baru mobil Honda itu tipenya terbagi atas lima varian, yakni 1.5 E M/T, 1.5 E CVT, 1.5 RS M/T, 1.5 RS CVT, dan 1.5 RS CVT Z. Di sisi lain NJKB dari mobil ini lebih murah dari Honda BR-V. Berikut daftarnya:

- DG47 1.5 E MT Rp 163.000.000
- DG47 1.5 RS MT Rp 180.000.000
- DG48 1.5 E CVT Rp 171.000.000
- DG48 1.5 RS CVT Rp 188.000.000
- DG48 1.5 RS CVT Z Rp 189.000.000

Sebagai catatan informasi harga itu belum termasuk pajak Bea Balik Nama, Pajak Penjualan atas Barang Mewah, dan sebagainya. Namun sebagai pembanding, daftar tersebut di atas masih lebih murah dari NJKB BR-V, yang start dari Rp 194 juta.



Simak Video "Tantang Palisade, Ini Wujud SUV Besar yang Disiapkan Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT