ADVERTISEMENT

Cocok buat Presiden-Wapres, BMW Bikin Mobil Listrik Antipeluru

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 15 Jul 2022 19:42 WIB
Mobil Listrik BMW i7
Foto: Mobil Listrik BMW i7 (Dok. BMW)
Jakarta -

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan mobil dinas pemerintah akan menggunakan kendaraan listrik. Tapi, untuk Presiden dan Wakil Presiden belum. Sebab, belum ada spesifikasi mobil listrik yang cocok untuk dijadikan mobil dinas kepresidenan.

Menurut Moeldoko, saat ini belum ada mobil listrik yang anti peluru. Hal itu yang biasanya menjadi keamanan kendaraan pimpinan negara.

"Khususnya buat mobil Presiden dan Wapres karena ini berkaitan dengan keselamatan, jadi belum ada mobil listrik yang anti peluru," katanya dikutip detikFinance, Jumat (15/7/2022).

Moeldoko mengatakan mobil listrik anti peluru membutuhkan teknologi tinggi. "Nah itu butuh teknologi tinggi, jangan buru-buru ditanya," jelasnya.

Memang, saat ini belum ada mobil listrik antipeluru yang dikeluarkan secara resmi oleh pabrikan otomotif. Sekalinya ada mobil listrik antipeluru, itu digarap oleh pihak ketiga yang biasanya memodifikasi mobil sehingga punya kemampuan lapis baja.

Meski begitu, pabrikan mobil asal Jerman, BMW, menjanjikan bakal memproduksi mobil listrik antipeluru. Dikutip Autoweek, BMW mengonfirmasi mobil listrik i7 versi antipeluru meluncur tahun depan.

Mobil Listrik BMW i7Mobil Listrik BMW i7 Foto: Dok. BMW

"Kami akan melanjutkan tradisi ini pada tahun 2023 dengan kendaraan keamanan tinggi yang menggabungkan kehebatan dinamis, kenyamanan berkendara, dan kenyamanan interior BMW Seri 7 baru dengan konsep perlindungan terintegrasi yang unik di segmen ini," kata Oliver Zipse, Ketua Dewan Manajemen BMW AG.

"Dan kami juga akan memperkenalkan kendaraan full-electric high-security untuk pertama kalinya-tanpa kompromi dalam hal standar perlindungan bagi pelanggan kami. Ini akan didasarkan pada BMW i7, menunjukkan bagaimana keberlanjutan dan keamanan dapat berjalan bersamaan," sebutnya.

Biasanya, mobil antipeluru BMW memiliki spesifikasi yang mumpuni. Kemungkinan mobil listrik BMW i7 versi antipeluru akan memiliki tingkat perlindungan balistik VR9 yang dapat menangkal senapan serbu. Mobil itu juga bakal punya ban runflat tyre yang bisa melaju dengan kecepatan dan jarak tertentu meski bannya kempis. Untuk kalangan VIP, BMW i7 versi antipeluru harus punya fitur interkom hingga pasokan oksigen terpisah.



Simak Video "Masyarakat Mulai Tertarik Kendaraan Listrik, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT