ADVERTISEMENT

Suzuki Jimny Made in India Siap Meluncur, Versi 5 Pintu?

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 06 Jul 2022 12:42 WIB
Rendering Suzuki Jimny 5 pintu oleh Spyder7
Suzuki Jimny versi India diprediksi memiliki pilihan konfigurasi 5 pintu. Foto: Spyder7 via Response
Jakarta -

India akan menjadi negara pertama di luar Jepang yang dipercaya untuk memproduksi SUV kompak, Suzuki Jimny. Suzuki Jimny produksi India diprediksi bakal diperkenalkan akhir tahun 2022.

Dikutip dari situs Cartoq, pada sebuah wawancara dengan IndiaToday, Direktur Eksekutif Senior Maruti Suzuki, Shashank Srivastava, telah mengonfirmasi peluncuran Suzuki Jimny di India setelah mendapat tanggapan luar biasa dari konsumen saat Jimny dipamerkan di Auto Expo 2018.

Nantinya Suzuki Jimny akan diproyeksikan sebagai penerus mobil legendaris Maruti Gypsy yang sudah disetop produksinya karena terganjal aturan emisi. Jika Gypsy dijual dengan pilihan model soft-top dan hard-top, maka Suzuki Jimny yang dijual di India hanya akan ditawarkan dalam trim hard-top.

Dari segi dapur pacu, Suzuki Jimny versi India kemungkinan menggunakan mesin bensin yang sama, yakni K-Series 1,5 liter, 4 silinder, naturally aspirated dengan tenaga maksimal 104 dk dan torsi puncak 138 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan ke empat roda dengan gearbox manual 5 percepatan dan transmisi otomatis torque converter 4 percepatan. Jimny juga bakal mendapatkan transfer penggerak empat roda dengan mode 4-low dan 4-high.

Suzuki Jimny versi India kabarnya juga akan ditawarkan dengan pilihan tiga pintu, konfigurasi empat kursi, seperti Jimny buatan Jepang. Sebelumnya ada kabar jika Jimny spesifikasi India akan mendapatkan model lima pintu, dengan jarak sumbu yang diperpanjang.

Tapi Jimny spesifikasi lima pintu itu disebut-sebut tidak mungkin direalisasikan di pasar India, mengingat mesinnya hanya 1.500 cc. Jimny produksi India kemungkinan akan memiliki panjang 3.850 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.730 mm, dan jarak sumbu roda 2.550 mm.



Simak Video "Impresi Pertama Suzuki S-Presso dan Baleno: City Car Ngetop dari Bollywood!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT