ADVERTISEMENT

Heboh Petinggi ACT Pakai Mobil Mewah, Berapa Harganya?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 06 Jul 2022 10:15 WIB
Toyota meluncurkan Alphard dan Vellfire terbaru, 19 Februari 2020. Mobil ini mendapat fitur keselamatan dan kenyamanan terbaru.
Toyota Alphard. (Foto: Toyota)
Jakarta -

Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) tengah menjadi sorotan. Dilaporkan petinggi ACT menggunakan mobil mewah seperti Toyota Alphard sebagai mobil operasional.

President ACT Ibnu Khajar menjelaskan soal mobil mewah bagi sebagian petinggi ACT. Dia menyebut mobil itu dibeli hanya sebagai inventaris lembaga dan menunjang mobilitas karyawan dalam menunaikan program.

"Kendaraan mewah dibeli tidak untuk permanen, hanya untuk tugas ketika dibutuhkan, untuk menunaikan program. Jadi semacam inventaris, bukan menetap di satu orang," ujar Ibnu.

Ibnu mengatakan kendaraan mewah itu digunakan untuk beberapa hal, seperti memuliakan para tamu hingga masuk ke daerah-daerah tertentu saat melaksanakan program.

"Sebelumnya diberitakan, tentang mobil Alphard. Ini dibeli lembaga untuk memuliakan tamu kami seperti ustaz, tamu yang datang dari bandara, digunakan untuk jemput mereka. Kendaraan ini lebih maksimal untuk membantu masyarakat. Termasuk untuk masuk ke daerah-daerah, untuk operasional tugas kami di lapangan," bebernya.

Namun, mobil-mobil seperti Toyota Alphard, Mitsubishi Pajero Sport hingga Honda CR-V telah dijual pada Februari 2022 lalu. Dana penjualan mobil tersebut digunakan untuk melanjutkan program yang tertunda.

Tergolong kendaraan mewah, berapa harga mobil-mobil tersebut?

Mengutip situs resmi Toyota-Astra Motor (TAM), Toyota Alphard tergolong sebagai salah satu mobil Toyota yang dibanderol miliaran rupiah. Harga Toyota Alphard saat ini sudah lebih dari Rp 1 miliar.

Paling murah adalah Toyota Alphard 2.5 X A/T yang harganya Rp 1.173.300.000. Sementara Toyota Alphard 2.5 G A/T harganya Rp 1.328.900.000 dan Toyota Alphard 3.5 Q A/T Rp 1.605.600.000. Harga tersebut merupakan update harga terbaru Juli 2022.

Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport harganya lebih murah daripada Alphard. Harga Mitsubishi Pajero Sport berada di rentang antara Rp 554,9 juta sampai dengan Rp 712,5 juta.

Sementara itu, Ibnu juga menerangkan saat ini dirinya menggunakan mobil Toyota Kijang Innova untuk operasional. Itu juga Innova sewaan. Soal harga, Innova saat ini harganya sekitar Rp 300-400 jutaan.

Untuk pimpinan ACT lainnya hanya menggunakan mobil-mobil standar untuk operasional. Direktur-direktur menggunakan mobil-mobil seperti Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander. Dia menegaskan, mobil-mobil itu bukan untuk penggunaan pribadi melainkan untuk operasional kerja. Itu pun, katanya, sebagian besar masih sewa.

Soal harganya, Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander saat ini jauh lebih murah ketimbang Alphard dan Pajero Sport. Kedua low MPV itu sekarang harganya berkisar di angka Rp 200 jutaan.



Simak Video "Izin Pengumpulan Uang dan Barang ACT Dicabut Kemensos"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT