ADVERTISEMENT

Dalam Waktu Dekat, Beli Bensin juga Bisa Menggunakan Apple CarPlay Lho!

ilham fikriansyah - detikOto
Selasa, 05 Jul 2022 20:39 WIB
Apple CarPlay di MINI Cooper S Cabrio 2021
Ilustrasi Apple CarPlay Foto: 20Detik
Jakarta -

Di Indonesia saat ini tengah heboh akan penggunaan aplikasi untuk melakukan pengisian bahan bakar umum (BBM) bersubsidi. Akan tetapi, pasti banyak yang tidak mengetahui raksasa teknologi Apple kabarnya tengah mengembangkan sebuah fitur baru pada sistem head unit display di dalam mobil. Jadi, pemilik mobil bisa membayar bahan bakar kendaraan melalui fitur Apple CarPlay.

Dilansir Carscoops, hadirnya fitur ini membuat pengendara mobil nggak perlu repot-repot harus turun saat membeli bensin di SPBU. Pengemudi hanya perlu membuka Apple CarPlay di head unit display dan tinggal bayar, sehingga transaksi lebih cepat dan praktis.

Jack Barger selaku Senior Vice President of Marketing Sinclair Oil Corporation mengatakan, pihak perusahaan akan mulai menggunakan fitur Apple CarPlay sebagai metode pembayaran saat mengisi bensin di SPBU dalam waktu dekat.

"Kami sangat senang dengan gagasan bahwa konsumen dapat pergi ke SPBU Sinclair dan membeli bahan bakar dari head unit display di setiap kendaraan mereka," kata Barger.

Kia Gunakan Software Apple CarPlay dan AndroidIlustrasi Kia Gunakan Software Apple CarPlay dan Android Foto: Istimewa

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna iPhone diminta untuk mengunduh aplikasi perusahaan bahan bakar minyak terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna akan mengatur kredensial pembayaran melalui aplikasi, kemudian mereka akan membayar bahan bakar dari dalam kendaraan sesuai dengan nominalnya.

Rencananya, fitur tersebut akan segera dirilis kepada publik pada September mendatang. Namun, belum diketahui secara pasti apakah sistem pembayaran bensin lewat fitur Apple CarPlay bisa dinikmati di seluruh dunia atau masih beberapa negara tertentu saja.

Apple CarPlay saat ini hadir dengan menyediakan berbagai fitur seperti mencatat jarak tempuh, membayar parkir, hingga memesan makanan. Sistem Apple CarPlay fungsinya sama dengan Android Auto, namun bedanya Apple menggunakan sistem iOS, sementara Android Auto didukung OS Android.

Namun karena berbeda operating system, sehingga terdapat sejumlah aplikasi yang tidak bisa dijalankan di keduanya. Misalnya, Google Maps masih bisa dijalankan di Android Auto dan Apple CarPlay, namun untuk Apple Maps bawaan Apple, tidak bisa digunakan di Android Auto.



Simak Video "Wilayah Wajib Daftar untuk Beli Pertalite Diperluas, Buruan Daftar!"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT