ADVERTISEMENT

Persiapan BMW Sambut Era Mobil Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 30 Jun 2022 16:55 WIB
Mobil listrik BMW iX
Foto: Dok. BMW
Jakarta -

BMW Group Indonesia memastikan akan meluncurkan mobil listrik tahun ini. Berbagai persiapan tengah dilakukan, terutama soal SDM-nya.

Hadi Hadad, Head of Training BMW Group Indonesia, mengatakan sebelum meluncurkan mobil listrik pihaknya menyiapkan tenaga pendukungnya dulu. Utamanya adalah SDM di bagian layanan purnajual.

"Kalau elektrifikasi jelas, training center duluan nyiapin (yang dipersiapkan). Jadi kita sudah dari Desember sebenarnya mulai trainingnya. Terutama teknisi, karena teknisi lebih penting daripada salesman-nya. Teknisi itu trainingnya lama, jadi kita sudah start dari Desember. Dan kita sudah jalankan juga buat MINI. Ini terus jalan, sampai di hari launching-nya tetap jalan training. Terkait EV sepanjang tahun ini terus kita jalankan trainingnya. Terutama teknisi karena apa pun ceritanya launching tidak akan terjadi tanpa teknisinya siap untuk memperbaiki," ujar Hadi di BMW Group Training Center di BSD, Tangerang, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya, tidak semua teknisi bisa mengikuti pelatihan untuk menservis mobil listrik. Kata Hadi, teknisi yang akan menangani mobil listrik adalah level senior.

"Untuk training EV itu memang spesifik, jadi di level senior teknisi baru bisa join di training EV. Kalau yang baru belum boleh pegang. Karena banyak modul-modul khusus yang mereka harus kuasai dulu baru mereka boleh pegang yang elektrik," ucap Hadi.

SUV listrik BMW iXIlustrasi SUV listrik BMW iX Foto: Dok. BMW

"Persiapan untuk elektrik salah satu prioritas untuk tahun ini. Kita make sure semua yang ada di dealer itu mendapatkan training yang paling tepat untuk posisinya."

Director of Communications, BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, mengatakan saat ini pihaknya sudah menyiapkan dealer untuk mendukung kendaraan listrik. Di antaranya adalah MINI Plaza untuk mobil MINI Electric, serta dealer BMW Astra dan Tunas yang berada di Serpong dan Tebet.

"Pastinya akan terus berkembang. Semakin besar pengguna kendaraan listrik pasti akan menambah lagi. Karena kita masih sangat terbatas, bahkan untuk BMW iX dan i4 itu kita baru luncurkan nanti. Tunggu saja, sebentar lagi juga ada undangannya kok," ujar Jodie.



Simak Video "Krisis Chip Diprediksi Bikin Konsumen Bakal Sulit Punya Mobil Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT