ADVERTISEMENT

Kendaraan Roda 4 Beli Pertalite dan Solar Wajib Daftar, Motor Gimana?

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 29 Jun 2022 07:15 WIB
SPBU Tanah Abang jual Pertalite dengan harga Rp 6.450 per liter. Sejumlah pemotor pun antre di SPBU itu demi dapat membeli Pertalite seharga Premium itu.
Pengendara roda 4 pengguna Pertalite dan Biosolar wajib mendaftarkan diri untuk bisa membeli kedua BBM subsidi tersebut. Bagaimana dengan pengendara motor? Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pertamina mengimbau pengendara roda empat pengguna Pertalite dan juga Biosolar untuk mendaftarkan diri dan kendaraannya mulai 1 Juli 2022.

Pengendara yang belum mendaftarkan kendaraannya ke situs Pertamina, nantinya tak bakalan lagi bisa mengisi kedua jenis BBM subsidi tersebut. Lalu bagaimana dengan pengendara roda dua? Apakah diwajibkan untuk turut mendaftarkan kendaraannya?

View this post on Instagram

A post shared by MyPertamina (@mypertamina)

"Pada tahap awal berlaku untuk solar bersubsidi dan Pertalite roda 4," tulis Pertamina dalam akun instagramnya, Selasa (28/6/2022).

Sayang tidak dijelaskan merinci apakah nantinya pengendara roda dua juga bakal diwajibkan mendaftar untuk bisa mengisi Pertalite.

Lebih lanjut, pembatasan ini dilakukan agar Pertalite dan Biosolar lebih tepat sasaran. Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution menjelaskan saat ini masih ada pengendara yang mengisi BBM Pertalite dan Biosolar padahal spesifikasi kendaraannya di atas itu. Dikhawatirkan, kuota BBM subsidi yang sudah ditetapkan untuk satu tahun tidak akan mencukupi.

"Dalam menyalurkan BBM subsidi ada aturannya, baik dari sisi kuota atau jumlah maupun dari sisi segmentasi penggunanya. Saat ini, segmen pengguna Solar subsidi ini sudah diatur, sedangkan Pertalite segmentasi penggunanya masih terlalu luas. Sebagai badan usaha yang menjual Pertalite dan Solar, kami harus patuh, tepat sasaran dan tepat kuota dalam menyalurkan BBM yang disubsidi pemerintah," jelas Alfian.

Bagi kamu pengguna BBM Pertalite dan Biosolar yang berada di 11 kota dan kabupaten terdaftar, diminta untuk mendaftar ke laman https://subsiditepat.mypertamina.id/. 11 kota dan kabupaten tersebut merupakan daerah yang pertama bakal menerapkan pembelian BBM subsidi bagi pengendara terdaftar.

Berikut daftar 11 kota dan kabupaten yang membuka pendaftaran bagi pengguna Pertalite dan Biosolar mulai 1 Juli 2022.

1. Kota Bukit Tinggi
2. Kab.Agam
3. Kota Padang Panjang
4. Kab.Tanah Datar
5. Kota Banjarmasin
6. Kota Bandung
7. Kota Tasikmalaya
8. Kab.Ciamis
9. Kota Manado
10. Kota Yogyakarta
11. Kota Sukabumi



Simak Video "Ternyata Segini Harga Asli Pertalite Tanpa Subsidi"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT