ADVERTISEMENT

Jangan Tertukar, Ini Beda Toyota Alphard dan Vellfire

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 24 Jun 2022 09:34 WIB
Toyota Alphard
Toyota Alphard meski mirip tapi sebenarnya punya cukup banyak perbedaan dengan Toyota Vellfire (Foto: Toyota Astra Motor)
Jakarta -

Toyota Alphard dan Vellfire merupakan MPV premium yang dijual di Indonesia. Mobil boxy mewah itu menyasar pasar konglomerat di Indonesia. Meski serupa, keduanya sebenarnya tidaklah sama. Apa saja beda Toyota Alphard dan Toyota Vellfire?

Keduanya mirip-mirip, sehingga tak jarang salah menyebutkannya. Berikut ini perbedaan antara Toyota Alphard dan Vellfire.

Eksterior Alphard dan Vellfire berbeda, terutama bagian muka

Toyota Vellfire punya konsep mobil mewah yang sporty. Sementara Toyota Alphard lebih ke arah elegan.

Perbedaan paling jelas terlihat pada bagian muka. Alphard pakai grille besar, Vellfire terdapat ornamen bilah horizontal.

Oiya, logo antara Alphard dan Vellfire di area muka juga berbeda. Alphard menggunakan lambang khusus yang ada di bagian tengah grille, sedangkan Vellfire pakai lambang Toyota.

Toyota meluncurkan Alphard dan Vellfire terbaru, 3 Juni 2021. Alphard dan Vellfire punya fitur lebih canggih. Tampilan Vellfire juga diperbarui jadi lebih sporty.Toyota Vellfire (Foto: Dok. Toyota)

Lebih lanjut area fascia khususnya penerangan juga dibuat berbeda. Alphard hanya memiliki sepasang rumah lampu, sementara Vellfire dua pasang. Ini untuk menambah kesan sporty dari Vellfire.

Toyota AlphardToyota Alphard (Foto: Toyota Astra Motor)

Sederhananya, Alphard dan Vellfire punya perbedaan di area depan mulai dari headlamp, grille, foglamp dan bemper.

Dimensi Alphard sedikit lebih panjang dari Vellfire

Kedua mobil ini dibangun di atas platform yang sama, jadi wajar jika dimensinya terlihat mirip. Tetapi kalau bicara data teknisnya, Alphard sedikit lebih panjang dari Vellfire lho.

Di atas kertas Alphard punya panjang 4.945 mm, sedangkan Vellfire 4.935 mm atau 10 mm lebih pendek. Selebihnya kedua mobil ini punya ukuran yang sama, lebar 1.850 mm, tinggi 1.895 mm, wheelbase 3.000 mm, dan ground clearance 160 mm.

Nuansa interior yang berbeda dari Alphard dan Vellfire

Toyota Alphard dijual dalam beberapa varian yakni 2.5 X, 2.5 G, dan 3.5 Q. Sedangkan Vellfire hanya 2.5 G.

Keduanya sama-sama memiliki kabin yang lapang. Ciri khas sebagai MPV mewah pintu geser model boxy.

Khusus varian Alphard punya pilihan dua padanan interior. Konsumen bisa memilih kelir kabin hitam atau paduan beige dan hitam. Untuk Alphard dan Vellfire juga terdapat 16 pilihan warna ilumination di langit-langit. Sementara Vellfire lebih didominasi warna hitam.

Sebagai mobil mewah yan harganya menyentuh di atas Rp 1 miliar. Kursinya juga tersedia model captain seat untuk varian 3.5 Q dan 2.5 G type.

Beberapa fitur yang menunjang kenyamanan lain di antaranya steering switch, head unit 9 inch dengan fitur mirroring, foldable center table, USB Port di konsol tengah, LCD layar tengah 13 inch dan power back door.

Perbedaannya varian Alphard tertinggi 3.5 Q puya pengaturan alias control panel di baris kedua yang disertai kontrol AC dan penghangat. Sementara Vellifire, layar MID-nya ditambahkan aksen warna merah.

Fitur keselamatan yang lengkap

Dibangun dari basis yang sama, Alphard dan Vellfire sudah dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS) sejak tahun 2020 lalu. TSS terdiri dari fitur keamanan seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Adaptive Cruise Control (ACC). Selain itu, ada pula Automatic High Beam (AHB), Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Intelligent Clearance Sonar (ICS).

Mesin

Sebagai informasi 2.5 G dan X Toyota Vellfire dan Toyota Alphard sama-sama menggunakan mesin berkubikasi 2.494 cc kode 2AR-FE empat silinder segaris, 16 valve DOHC dual VVT-i. Di atas kertas, mesin itu bisa memuntahkan tenaga maksimal sebesar 180 PS @6.000 rpm di angka torsi 234 Nm @4.100 rpm. Fitur tenaga dan torsi itu disalurkan melalui transmisi otomatis FF-2 WD CVT.

Sedangkan Alphard 3.5 Q menggunakan mesin lebih besar dengan kode 2GR-FKS 3.500 cc yang bisa menyemburkan tenaga 300 PS di 6.200 rpm dan torsi 36,8 di 4.700 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui 8 percepatan otomatis.

Harga

Berikut ini daftar harga Alphard dan Vellfire

- Toyota Alphard 3.5 Q Rp 1.577.900.000
- Toyota Alphard 2.5 G Rp 1.303.700.000
- Toyota Alphard 2.5 X Rp 1.147.200.000
- Toyota Vellfire Rp 1.317.400.000



Simak Video "Minat Beli Toyota Alphard Bekas? Simak Dulu Nih Pajak Tahunannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT