Honda HR-V Vs Hyundai Creta Kejar-kejaran

ADVERTISEMENT

Honda HR-V Vs Hyundai Creta Kejar-kejaran

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 17 Jun 2022 07:09 WIB
Hyundai Creta
Penjualan Hyundai Creta dan Honda HR-V saling kejar-kejaran. (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Bicara soal SUV, ada dua model yang belakangan disorot yakni Honda HR-V dan Hyundai Creta. Baik HR-V maupun Creta sama-sama mengisi segmen Low SUV. Persaingan keduanya cukup ketat, mengingat Honda HR-V dan Hyundai Creta menyajikan fitur canggih di kelasnya.

Di segmen Low SUV, Creta dan HR-V menyajikan fitur berbasis radar. Umumnya, fitur ini ditemukan pada mobil di kelas premium. Tidak cuma itu, fitur sunroof keduanya juga suka dibanding-bandingkan. Perlu diketahui, pada Hyundai Creta fitur tersebut dinamakan Panoramic Sunroof. Sedangkan pada Honda HR-V fitur serupa dinamakan Panoramic Glass Roof.

Panoramic Sunroof Honda HR-VPanoramic Sunroof Honda HR-V. Foto: (Doni Wahyudi/detikoto)

Panoramic Sunroof pada Hyundai Creta bisa dibuka tutup dengan hanya menekan tombol. Atap kacanya pun bisa dibuka dan ditutup hanya dengan menekan tombol.

Beda halnya dengan Panoramic Glass Roof yang tersemat pada Honda HR-V. Panoramic glass roof pada Honda HR-V tidak bisa dibuka. Bagian yang bisa dibuka hanya bagian penutup alias sun shade. Adapun sun shade itu dibuka dengan cara manual.

Selain fitur, harga yang ditawarkan Creta dan HR-V juga cukup bersaing. Hyundai Creta dibanderol mulai Rp 281,5 juta sampai yang termahal Rp 401 juta. Sedangkan Honda HR-V yang termurah dijual Rp 362,9 juta hingga varian termahal Rp 513,9 juta.

Tak heran kalau penjualan keduanya pun saling kejar-kejaran. Misalnya pada bulan Mei 2022, dalam data distribusi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales Honda HR-V mengalami peningkatan menjadi 1.799 unit dari sebelumnya 1.558 unit.

Angka tersebut lebih banyak ketimbang sang rival Hyundai Creta yang hanya 1.072 unit. Padahal pada April, penjualan Hyundai Creta lebih banyak HR-V.

Secara total sepanjang Januari hingga Mei 2022, penjualan wholesales Honda HR-V sudah mencapai 4.945 unit. Penjualan HR-V sendiri baru efektif pada Maret usai mobil itu resmi diluncurkan di Tanah Air. Hyundai Creta tentu lebih banyak. Dalam lima bulan pertama tahun 2022, distribusi wholesales Creta sudah menyentuh 7.654 unit.



Simak Video "Duh! Pesan Honda HR-V Sekarang Indennya Tembus 5 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT