ADVERTISEMENT

Mengenal Safety Car Formula E Jakarta

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 03 Jun 2022 16:51 WIB
Safety car Formula E 2022
Safety car Formula E 2022. Foto: Dok.. FIA Formula E
Jakarta -

Sama seperti balapan pada umumnya, balap mobil listrik Formula E juga memiliki safety car yang berfungsi untuk mengecek lintasan sirkuit sebelum race dimulai. Di ajang Formula E Jakarta (Jakarta E-Prix) yang berlangsung tanggal 4 Juni 2022, safety car yang bakal digunakan adalah mobil listrik Porsche Taycan. Seperti apa spesifikasi mobil ini?

Dikutip dari laman Formula E, safety car Porsche Taycan kali pertama digunakan pada ABB FIA Formula E World Championship akhir Januari lalu di Diriyah, Arab Saudi. Mobil ini menggunakan energi listrik sepenuhnya yang berbasis dari baterai.

Safety car Formula E 2022Safety car Formula E 2022 Foto: Dok.. FIA Formula E

Secara performa, Porsche Taycan Turbo S bisa menghasilkan tenaga 560 kW (761 PS), dan bisa berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 2,8 detik, serta mencapai kecepatan tertinggi 260 km/jam.

Guna mendukung tugasnya sebagai safety car, Taycan Turbo S ini dipasangi rollcage, jok racing bucket, dengan sabuk pengaman enam titik, wire harness untuk penerangan safety car, dan Marelli Logger System. Mobil ini juga dilengkapi alat pemadam api dan sistem komunikasi berteknologi tinggi.

Dari segi eksterior, safety car Formula E 2022 tampil mencolok dengan kombinasi putih, biru muda, dan biru tua. Secara umum, mobil ini dicat dengan 11 warna khas tim peserta Formula E.

Safety car Formula E 2022Safety car Formula E 2022 Foto: Dok.. FIA Formula E

Livery tersebut juga memberikan ekspresi visual dari nilai-nilai sosial seperti keragaman dan komunitas, sementara nomor 22 artinya yakni kinerja dari 22 pebalap yang akan mengikuti Kejuaraan Dunia Formula E.

"Formula E senang Porsche Taycan Turbo S menjadi safety car kejuaraan di musim 8," kata Jamie Reigle, CEO Formula E. "Porsche Taycan Turbo S adalah puncak kendaraan listrik berperforma tinggi dan akan menerangi balapan Formula E di kota-kota di seluruh dunia," sambungnya.

(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT