Velg Mobil Paling Canggih saat Ini Nih, Punya Sistem Pendingin Otomatis

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 28 Mei 2022 07:49 WIB
Velg canggih dengan ventilasi udara.
Velg canggih Foto: Pool (newatlas)
Jakarta -

Bicara soal teknologi velg, pasti kebanyakan hanya berkutat pada bobot ringan yang terbuat dari bahan material terbaik, namun memiliki kekuatan agar bisa memberikan kenyamanan saat berkendara.

Nah, kali ini ada satu velg yang memiliki teknologi terkini yang memiliki sistem pendingin sendiri. Dikutip Newatlas, velg teknologi terkini ini disapa the Active Aero Wheel, buatan pabrikan asal Jerman, CompActive.

Dijelaskan meskipun velg kerap memiliki suhu panas terlebih saat proses pengereman. Kali ini ada satu velg eksperimental, dengan memiliki ventilasi pendingin yang terbuka sesuai kebutuhan dan bisa berfungsi saat roda memiliki suhu yang sangat panas.

Velg ini dijelaskan dirancang untuk meminimalkan pusaran pengganggu aliran udara yang terbentuk pada kecepatan tinggi di sekitar roda, sambil tetap membiarkan panas keluar saat pengereman keluar.

Velg canggih dengan ventilasi udara.Velg canggih dengan ventilasi udara. Foto: Pool (newatlas)

Ventilasi velg ini berbentuk daun yang dipotong ke permukaan logam velg, sehingga tampilan tetap rata. Di bagian belakang ventilasi terdapat aktuator ringan, yang menggabungkan beberapa kabel paduan memori bentuk yang disusun memanjang, berdampingan.

Selama velg tetap dingin, kabel-kabel itu tetap dalam keadaan default. Namun, saat velg panas mereka berkontraksi dan akan terbuka. Setelah roda mendingin kembali, ventilasi menutup kembali.

Akan tetapi cukup disesalkan tidak jelas berapa harga jual velg ini, dan kapan akan dijual secara resmi ke pasaran.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Uniknya Kursi dan Meja dari Velg Motor Bekas, Tanjungpinang"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)