Ini Rahasia SUV Honda Makin Dilirik Konsumen Indonesia

ADVERTISEMENT

Ini Rahasia SUV Honda Makin Dilirik Konsumen Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 27 Mei 2022 10:26 WIB
Jakarta -

SUV akan menjadi fokus pengembangan pasar Honda di Indonesia. Peminta mobil SUV di tanah air terus mengalami peningkatan, di sisi lain LCGC dan Low MPV punya tren stagnan.

Pasar otomotif Indonesia terus berkembang seiring dengan berakhirnya masa pandemi COVID-19. Meski demikian para Agen Pemegang Merek (APM) otomotif di Indonesia masih memiliki tantangan besar untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, karena hingga saat ini kurangnya semikonduktor masih menjadi momok yang menakutkan yang membuat konsumen harus menunggu lama.

Kendati seperti itu, Agen Pemegang merek Honda mobil di Indonesia, Honda Prospect Motor, menilai pasar otomotif di Indonesia masih akan terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi, dan kebutuhan masyarakat akan sebuah roda empat untuk mendukung mobilitas dan aktivitas masyarakat.

Untuk bisa meraup konsumen di tengah bangkitnya perekonomian Indonesia, Product Strategy Manager PT Honda Prospect Motor, Ferdianto Budiono, dalam rilis yang diterima detikoto, membocorkan strategi Honda mobil di Indonesia, salah satunya dengan memperkuat lini SUV. Dalam penelitian pasar yang sudah dilakukan ditemukan kalau MPV dan LCGC selalu menjadi segmen dengan penjualan terbesar, namun trend-nya cenderung stagnan.

Selain itu, pada tahun 2020 pasar di segmen LCGC juga mengalami penurunan karena terdampak oleh penjualan Honda Brio Satya yang terkendala oleh pasokan komponen. Sementara itu, trend penjualan SUV terus meningkat bahkan pada tahun 2021 telah melampaui penjualan MPV dan juga LCGC.

Ferianto mengatakan pertumbuhan segmen SUV di Indonesia salah satunya dipicu oleh pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur ke berbagai wilayah di Indonesia.

All New HR-V mendapatkan respon positif usai meluncur pada Rabu (23/3/2022). Sejak rilis di Tanah Air, angka pemesanan terus bertambah hingga sudah mencapai tiga ribu unit.All New HR-V mendapatkan respon positif usai meluncur pada Rabu (23/3/2022). Sejak rilis di Tanah Air, angka pemesanan terus bertambah hingga sudah mencapai tiga ribu unit. Foto: Agung Pambudhy

"Pembangunan jalan tol dan jalan utama, perkembangan UMKM dan industri lokal di berbagai daerah, hingga rencana pemindahan Ibukota Negara Republik Indonesia, mendorong terciptanya pasar otomotif baru di mana konsumen menginginkan mobil yang lebih sesuai dengan kondisi sekitar serta kebutuhan mereka," Tambah Ferianto.

Ferianto coba merinci kenapa SUV menjadi salah satu model yang mengalami peningkatan pesat di Indonesia. SUV dinilai sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat Indonesia, konsumen otomotif di Indonesia memiliki kebutuhan dasar akan sebuah mobil yaitu antara lain:

* dapat menampung banyak orang,
* dapat memuat banyak barang,
* reliabel dan harganya terjangkau,
* nyaman untuk dikendarai di berbagai kondisi jalan.

Seiring semakin berkembangnya kebutuhan konsumen, terutama di berbagai wilayah yang berbeda-beda di seluruh Indonesia, semakin banyak konsumen yang memilih SUV karena dianggap menawarkan berbagai kelebihan, seperti:

* Ground Clearance yang lebih tinggi,
* Mesin yang lebih bertenaga,
* Kabin yang lebih nyaman,
* Teknologi keamanan yang lebih canggih.

"Honda sendiri juga melakukan riset untuk dapat menangkap apa yang diinginkan konsumen dari sebuah SUV, hasilnya adalah selain faktor-faktor yang menjadi basic sebuah SUV seperti fun to drive, teknologi, aktualisasi diri dan fungsi transportasi, Honda juga menangkap keinginan dari konsumen akan sebuah model SUV yang unik, sesuai dengan karakter mereka yang berbeda-beda. Karena itu, Honda menciptakan Karakter SUV yang berbeda untuk Segmen yang Berbeda," ucap Ferianto.

"Saat ini, Honda sudah mempunyai lini produk yang lengkap mulai dari SUV mulai dari Honda BR-V untuk pasar LSUV yang diperuntukkan sebagai mobil keluarga kekinian yang menghadirkan kenyamanan untuk seluruh penumpangnya, kapasitas kargo yang luas, mesin bertenaga terbesar di kelasnya, terjangkau serta Value For Money dan kini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Honda SensingTM," Ferianto menambahkan.

All New HR-V mendapatkan respon positif usai meluncur pada Rabu (23/3/2022). Sejak rilis di Tanah Air, angka pemesanan terus bertambah hingga sudah mencapai tiga ribu unit.All New HR-V mendapatkan respon positif usai meluncur pada Rabu (23/3/2022). Sejak rilis di Tanah Air, angka pemesanan terus bertambah hingga sudah mencapai tiga ribu unit. Foto: Agung Pambudhy

Terakhir, Ferianto mengatakan pasar SUV mempunyai potensi besar untuk terus berkembang ke depannya, dengan semakin banyak model SUV yang diperkenalkan di berbagai rentang harga.

"Honda terus mempelajari kebutuhan konsumen di Indonesia, salah satunya adalah dengan memperkenalkan SUV RS Concept, yang pertama kali debut di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 lalu dan saat ini diperkenalkan ke kota-kota besar lainnya di Indonesia. Pada akhirnya, hasil studi dari mobil konsep ini bertujuan agar Honda dapat terus menghadirkan produk yang melebihi ekspektasi dan kebutuhan dari setiap konsumen," katanya.

(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT