Spesifikasi Daihatsu Taft Reborn yang Dijual di Indonesia dengan Mesin 658cc

Tim detikcom - detikOto
Senin, 23 Mei 2022 21:28 WIB
Jakarta -

Daihatsu Taft Reborn perdana meluncur di Jepang pada Juni 2020. Di Negeri Sakura, Taft menyasar konsumen yang aktif berapapun usianya. Daihatsu mendesain Taft sebagai kendaraan yang cocok menemani aktifitas sehari-hari.

Seperti Kei Car pada umumnya di Jepang, Taft ditawarkan dengan mesin tiga silinder berkapasitas 660 cc Naturally Aspirated dan Turbo Charger. Kedua mesin itu dipasangkan dengan transmisi CVT. Ada dua sistem penggerak roda yang ditawarkan yakni 2 Wheel Drive dan 4 Wheel Drive.

Taft dibangun dari platform DNGA seperti halnya Tanto. Ini membuat Taft lebih ringan serta kaku. Panjang total Taft hanya 3.395 mm, lebarnya 1.475 mm, dan tinggi 1.630 mm. Sementara untuk ground clearance-nya terpantau di 190 mm.

Daihatsu Taft RebornDaihatsu Taft Reborn sudah bisa dibeli di Indonesia. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Meski begitu, Daihatsu mengklaim Taft memiliki ruang yang cukup lapang di bagian interior. Terlebih ketika kursi belakang dilipat dan rata dengan lantai, maka pengendara bisa membawa banyak barang di dalamnya. Kenyamanan berkendara ditawarkan Taft Reborn lewat kabin yang yang lebih sunyi.

Di balik kapnya, Daihatsu menyematkan mesin berkode KF dengan konfigurasi 3-silinder segaris. Mesinnya ini berkapasitas 658 cc dan diklaim iritnya bisa tembus 20 hingga 25 km per liter. Mesin tersebut juga dipercaya bisa menyemburkan tenaga 64 PS dan torsi 100 Nm untuk varian turbo. Sedangkan untuk mesin Naturally Aspirated tenaganya hanya 52 PS dan torsi 60 Nm.

Fitur di dalamnya pun terbilang cukup lengkap. Taft Reborn sudah dibekali dengan Daihatsu Smart Assist yang terdiri dari Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Roadside Deviation Warning Function, Collision Damage Mitigation Brake, Acceleration Suppression Device, Lane Departure Warning, hingga Advanced Light/

Kemudian untuk fitur keselamatannya terdapat sistem rem ABS+EBD, Vehicle Stability Control, Traction Contorl, dan Total Advanced Function (TAF) Body.

Tak ketinggalan harga yang ditawarkan juga terjangkau. Ada enam tipe Daihatsu Taft Reborn yang ditawarkan di Jepang dengan banderol harga termurah 1.353.000 yen sampai 1.732.500 yen. Kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini (1 yen: Rp 114,68) harga Daihatsu Taft ini paling murah Rp 155 jutaan sampai yang termahal Rp 198 jutaan.

Namun PT Astra Daihatsu Motor sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia belum memberikan sinyal-sinyal memboyong Taft Reborn ke Tanah Air.

Tapi bagi yang menginginkan Taft Reborn tak perlu khawatir. Pasalnya mobil yang di Jepang tergolong kei car ini sudah bisa dimiliki dengan memesan melalui importir umum Safari Motor dengan menyiapkan uang DP sekitar Rp 300 juta.

(dry/lth)