Toyota Bangun Pusat Edukasi Kendaraaan Listrik di Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 20 Mei 2022 06:48 WIB
Fasilitas Pembelajaran Kendaraan Listrik Toyota
Fasilitas Pembelajaran Kendaraan Listrik Toyota (Foto: dok. Toyota Indonesia)
Jakarta -

Toyota Indonesia mendirikan pusat pembelajaran dan pengembangan kapabilitas kendaraan elekrifikasi, xEV Center. Fasilitas itu didirikan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam menyambut era elektrifikasi kendaraan.

"Di tengah upaya Pemerintah mewujudkan kendaraan ramah lingkungan, pembangunan xEV Center oleh TMMIN berperan penting dalam mendidik dan menginspirasi masyarakat, termasuk generasi berikutnya, untuk berinovasi dan mengembangkan teknologi kendaraan elektrifikasi di tanah air. Kami berharap Toyota xEV Center dapat menjadi katalisator pengembangan teknologi dan industrialisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia," pesan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutan tertulisnya.

Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono mengatakan, xEV Center merupakan bagian dari ekosistem era elektrifikasi. Menurutnya, ini merupakan wujud kolaborasi antara Pemerintah, Akademisi, dan Industri Otomotif.

"Toyota percaya mencapai Netralitas Karbon harus ada solusi praktis dan berkelanjutan melalui berbagai pilihan teknologi (multi pathway) seperti kendaraan dengan efisiensi bahan bakar tinggi, Flexi Engine (bio-fuel), HEV, PHEV, BEV, dan FCEV yang berbahan bakar hidrogren yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kondisi Indonesia," ungkap Warih .

xEV Center ini didirikan di pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas 600 m2. Huruf x menunjukkan fleksibilitas kendaraan elektrifikasi sehingga dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi baik hybrid, battery, plug in, dan juga fuell cell, sehingga xEV Center dapat mendukung advokasi publik dengan ragam informasi teknologi elektrifikasi.

Nantinya, xEV Center menjadi fasilitas edukasi yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh publik baik bagi Pemerintah, akademisi, siswa sekolah, dan masyarakat umum. Kehadiran xEV Center bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencapai lingkungan yang lebih hijau melalui kehadiran berbagai teknologi elektrifikasi di Indonesia.

Di dalam xEV Center terdapat beragam informasi terkait elektrifikasi dengan berbagai fasilitas di antaranya HEV, PHEV, BEV Showcase & Driving Experience; xEV Cut Body; xEV Main Component (Battery, Power Control Unit (PCU), Transaxle);dan Outdoor Charging Station.

Ada empat zona pengetahuan di dalam xEV Center. Zona 1 ada Inisiatif Lingkungan yang terdiri dari penjelasan mengenai kondisi lingkungan secara global. Zona 2 yaitu Teknologi yang memaparkan klasifikasi kendaraan ICE dan elektrifikasi. Lalu Zona 3 yaitu Ekosistem Hijau yang memiliki penjelasan ekosistem kendaraan elektrifikasi. Selanjutnya Zona 4 yaitu Masyarakat Berkelanjutan yaitu ringkasan kegiatan Toyota Indonesia bersama Pemerintah dan Akademisi dalam mewujudkan transformasi menuju era elektrifikasi.

Pengunjung juga bisa merasakan pengalaman berkendara menggunakan beragam jenis teknologi kendaraan elektrifikasi area Driving Experience. Ada pula asilitas pengisian ulang daya juga dihadirkan melalui Outdoor Charging Station.

"xEV Center akan menjadi Fasilitas Pembelajaran, Kapabilitas, dan Penelitian Teknologi Elektrifikasi, Energi Hijau, dan Mobilitas sebagai sarana bagi SDM Indonesia untuk memperdalam pemahaman mengenai teknologi dan ekosistem industri otomotif di masa depan sehingga Indonesia terus menjadi bagian penting dari industri otomotif dunia," tutup Bob Azam Direktur Corporate Affairs PT TMMIN.



Simak Video "Tampang Mobil Listrik Toyota bZ4X yang Disiapkan untuk G20 Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)