Nama ZR-V Jadi Pesaing Rocky-Raize? Honda: Cuma Rumor

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 11 Mei 2022 21:36 WIB
Honda ZR-V Meluncur di China
Foto: Honda ZR-V. (Dok. GAC Honda China)
Jakarta -

Honda dikabarkan bakal meluncurkan sub-compact SUV pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kabar itu semakin menguat setelah Honda memamerkan sebuah prototipe Honda SUV RS Concept.

Memang, PT Honda Prospect Motor (HPM) belum memastikan apakah Honda SUV RS Concept itu akan diproduksi massal atau tidak. Namun, melihat hal yang biasa dilakukan Honda, sebuah mobil konsep biasanya akan diproduksi massal dan desainnya tak jauh berbeda.

Sebelumnya, kabar yang beredar menyatakan bahwa versi produksi dari Honda SUV RS Concept akan mengusung nama Honda ZR-V. Honda ZR-V tersebut sebelumnya diprediksi akan menjadi pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Namun, nama Honda ZR-V digunakan untuk SUV yang lebih besar di China. Honda di China meluncurkan ZR-V yang menjadi kembaran Honda HR-V versi Amerika Serikat.

Sementara itu, selain di China nama ZR-V juga didaftarkan di Eropa. Honda Eropa mengkonfirmasi bahwa ZR-V akan menjadi SUV segmen C yang mengisi celah antara Honda HR-V dan CR-V.

"ZR-V akan ditenagai oleh e:HEV full hybrid powertrain yang luar biasa, yang semakin memperluas jangkauan pilihan elektrifikasi Honda kepada pelanggan," sebut Honda.

Melihat nama Honda ZR-V digunakan di SUV yang lebih besar di China dan Eropa, nama tersebut ternyata bukan untuk pesaing Rocky-Raize yang bermain di kelas SUV segmen A. Padahal, sebelumnya dirumorkan nama Honda ZR-V akan digunakan untuk versi produksi dari Honda SUV RS Concept, calon pesaing Rocky-Raize.

Saat ditanya soal kabar nama ZR-V sebagai SUV sub-compact pesaing Raize-Rocky, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor YusakBilly mengelaknya.

"Rumor saja itu," kata Billy kepada detikcom, Rabu (11/5/2022).

Sementara soal ZR-V yang meluncur di China dan Eropa, Billy menyebut pihaknya terus mempelajari pasar SUV di Indonesia. Apalagi, segmen SUV terus bertumbuh baik dari SUV kecil, medium sampai besar.

"Untuk pasar di Indonesia, kami selalu melihat kebutuhan dan keinginan konsumen di sini ya," ujar Billy kepada detikcom, Rabu (11/5/2022).



Simak Video "Alasan Honda Lebih Pilih Luncurkan HR-V Turbo daripada Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)