Bukan Avanza, Ini Nih Mobil Paling Murah di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 07 Mei 2022 19:35 WIB
Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla 1.0 D M/T merupakan mobil termurah di Indonesia. Foto: Astra Daihatsu Motor
Jakarta -

Sangkaan seorang wanita bahwa Toyota Avanza merupakan mobil paling murah ramai dibahas warganet. Sekadar informasi, wanita tersebut menyebut bahwa Toyota Avanza mobil paling murah. Video itu kemudian viral dan mendapat ragam komentar dari warganet. Tak sedikit yang menyanggah bahwa Avanza bukanlah mobil paling murah.

Benar saja, secara penempatan harga Toyota Avanza bukanlah mobil paling murah. Di Indonesia, ada beberapa model lain yang punya harga lebih murah dari Avanza dan tergabung dalam segmen Low Cost Green Car (LCGC).

Saat ini mobil LCGC terdiri dari lima model yakni Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Toyota Agya, dan Honda Brio Satya. Secara harga, keseluruhan model LCGC punya harga terjangkau karena ada batasan yang ditetapkan pemerintah.

Kalau dirunut dari keseluruhan model LCGC, Daihatsu Ayla punya model dengan harga paling murah. Adalah Daihatsu Ayla tipe 1.0 D MT. Mobil mungil berkapasitas lima penumpang itu dibanderol Rp 108,2 juta.

Termurah kedua ada Daihatsu Sigra 1.0 D M/T yang dijual Rp 126,05 juta. Sedangkan sisanya, untuk varian terendah dibanderol mulai Rp 150 juta ke atas.

Dengan banderol harga Rp 108,2 juta, Daihatsu Ayla 1.0 D M/T juga sekaligus menjadi mobil paling murah di Indonesia. Sebagai mobil termurah, tak banyak fitur keamanan yang tersemat pada Ayla 1.0 D M/T. Mengutip laman Astra Daihatsu Motor, Ayla varian terendah itu dilengkapi dengan 1st and 2nd Row Seatbelt 3 Point ELR, Side Impact Beam, dan APAR (Powder).

Kemudian dari sisi ke kenyamanan hanya terdapat 1st Row Sliding Seat dan Digital Fuel Indicator. Di bagian dalam mobil juga tidak banyak fitur yang tersemat.

Daihatsu hanya menyematkan Board Door Trim, Molded Head Lining, Instrumen Panel berwarna gelap, Sun visor untuk driver, dan kursi berbahan fabric. Tentunya kalau menginginkan fitur lebih lengkap namun harganya masih terjangkau, maka bisa memilih varian yang lebih tinggi.



Simak Video "Mobil Termurah di Indonesia Tanpa AC dan Radio, Emang Laku?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)