Modal Rp 12.500, Mobil Listrik Wuling Platform GSEV Bisa Tempuh 100 Km

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 23 Apr 2022 14:52 WIB
mobil listrik mungil di IIMS 2022
Mobil listrik Wuling dengan platform GSEV diklaim lebih murah dari sisi pengeluaran. Foto: (Dina Rayanti/detikOto)
Jakarta -

Wuling dalam beberapa tahun belakangan terlihat rajin memamerkan mobil listrik mungilnya dengan platform GSEV. Tak cuma memamerkan, Wuling juga membocorkan keunggulan mobil listrik dengan platform GSEV. Salah satunya adalah bisa di charge dari rumah dengan daya listrik minimal 2.200 Watt.

Pengendara juga tentunya bakal lebih hemat dari sisi pengeluaran. Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko mengibaratkan bahwa biaya untuk 1 liter bensin sudah bisa membuat mobil listrik menjelajah hingga 100 km.

"Bensin 1 liter Rp 12.500 katakanlah bisa menempuh jarak kalau 1 liter katakanlah 15 km atau 20 km kalau mobilnya irit banget. Nah di EV, uang Rp 12.500 itu sudah bisa beli sekitar kalau 1 kWh Rp 1.400 , 10 kWh lah ya itu bisa menempuh jarak 100 km dibandingkan yang tadi 15-20 km," jabar Danang ditemui di GIOI By The Farm, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Meski begitu, Wuling belum membocorkan platform GSEV bakal tersemat di mobil listrik model apa. Sekadar informasi, platform GSEV sudah hadir dalam enam produk mulai dari E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, hingga Nano EV.

Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani menyebut bahwa nantinya mobil listrik perdana Wuling untuk masyarakat Indonesia berbeda dari yang lain. Modelnya benar-benar baru dan belum pernah dipamerkan dimanapun. Tak cuma itu, mobil listrik tersebut juga bakal dirakit di pabrik Wuling kawasan Delta Mas, Cikarang, Bekasi pada tahun ini.

Dalam sketsa perdana yang ditebar Wuling belum lama ini, mobil listrik itu bentuknya mungil. Desain mobil listrik Wuling juga sudah didaftarkan dalam Berita Resmi Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Dua desain mobil listrik Wuling terdaftar dalam Berita Resmi Desain Industri No. 3/DI/2022 yang diumumkan 25 Januari 2022 sampai 24 April 2022. Platform GSEV ini turut mengedepankan kemudahan dalam pemakaiannya. Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan jarak tempuh mulai dari 120 km sampai dengan 300 km serta dukungan pengisian baterai yang mudah dan didukung fasilitas fast charging.

"Tunggu aja pokoknya tahun ini dan belum pernah dipamerkan dimanapun," kata Dian.



Simak Video "Mobil Listrik Wuling Akan Dijual Murah di Indonesia? "
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)