ADVERTISEMENT

SUV Makin Digemari, Mobil Hatchback Mulai Ditinggalkan?

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 21 Apr 2022 21:34 WIB
Datsun, dikabarkan bakal menyudahi produksi mobilnya di Indonesia. Artinya, Datsun bakal menyerah di persaingan otomotif Indonesia.
Hatchback Datsun sudah undur diri dari berbagai negara. (Pradita Utama/detikOto)
Jakarta -

Mobil jenis SUV belakangan tengah naik daun di berbagai negara. Para produsen pun menyambut hal itu dengan meluncurkan ragam model SUV. Berbeda nasib dengan SUV, mobil jenis hatchback justru tampak meredup. Ada beberapa pabrikan yang memilih untuk tak lagi melanjutkan penjualan hatchback.

Di India misalnya, sejumlah produsen memutuskan untuk tak lagi menjual mobil hatchback di pasaran. Nissan, misalnya, yang sudah menarik penjualan hatchback Datsun pada akhir bulan lalu. Volkswagen juga telah memproduksi Polo untuk terakhir kalinya. Lalu Honda Jazz dikabarkan bakal keluar dari Negeri Bollywood itu tahun depan.

Pasar hatchback di India saat ini didominasi oleh Maruti Suzuki, Hyundai Motor India, dan Tata Motors. Sedangkan produsen lainnya disebut sudah mulai mengalihkan perhatiannya untuk melahirkan mobil SUV. Alhasil, penjualan SUV makin besar sedangkan hatchback dan mobil kecil lainnya justru menyusut.

"Hatchback sudah ketinggalan zaman. Ada beberapa wilayah di dunia dimana beberapa model sudah menghilang. Jadi tidak masuk akal untuk berinvestasi kembali," ungkap Global Chief Executivee Skoda Auto Thomas Schaeffer dikutip The Economic Times, Rabu (20/4/2022).

Pernyataan Thomas diamini juga oleh konglomerat di industri otomotif India. Setelah Nissan meluncurkan Datsun untuk India pada Januari 2014, jenama asal Jepang itu kemudian juga menyambangi Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan. Kehadiran mobil Datsun saat itu bisa dibilang memenuhi ekspektasi para pembeli mobil pertama. Tak heran bila Datsun bisa memproduksi 470.000 unit mobil dalam tujuh tahun belakangan. Sayangnya, penjualan Datsun terus merosot. Di Indonesia pun Nissan sudah tak lagi melanjutkan penjualan mobil-mobil Datsun.

Meski begitu, juru bicara Nissan menyebut penghentian produksi Datsun itu merupakan bagian dari strategi transformasi global.

Adapun jumlah model hatchback di India terus merosot. Bila pada tahun fiskal 2017 jumlahnya ada 31 model, maka pada tahun 2022 jumlahnya hanya 19 model.

SUV saat ini dinilai sebagai salah satu model yang dapat memberikan kontribusi besar terhadap penjualan. Pertumbuhan penjualan SUV juga meningkat cukup tajam dari 25% menjadi hampir 50%. Secara global, mobil kini makin besar dan di India masyarakat rela untuk membeli model premium dengan bunga rendah dan pembiayaan yang mudah.

"Pasar hatchback penjualannya tak akan berubah banyak meskipun ada fluktuasi. Hatchback hanya mengisi sepertiga dari total pasar otomotif India, jadi jelas segmen tersebut tidak akan bergerak lebih jauh," ungkap President of Jato Dynamics India Ravi Bhatia.



Simak Video "Beda Level! Hyundai Palisade Tak Sejajar dengan Pajero dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT