Mitsubishi Belum Mau Ikut-ikutan Lahirkan SUV Kompak

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 24 Mar 2022 07:33 WIB
Ototest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander
Ilustrasi Mitsubishi Xpander (Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Industri otomotif Indonesia disinyalir bakal terus berkembang seiring kebutuhan masyarakat akan kendaraan. Bahkan pasar otomotif sendiri terlihat ikut berubah, diprediksi mobil keluarga Multi Purpose Vehicle (MPV) tidak akan lagi menjadi kendaraan terfavorit di Indonesia dan tergantikan oleh peran kompak Sport Utility Vehicle (SUV).

Tanda-tanda pergeseran ini setidaknya terlihat dari makin ramainya persaingan di kelas SUV kompak. Yang baru muncul tahun lalu dan langsung menggebrak pasar tentu saja Toyota Raize dan Mitsubishi Rocky.

Apakah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bakal ikut masuk ke ceruk yang sama? Disampaikan President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura saat Gathering Mitsubishi 2022, Mitsubishi tidak akan serta-merta ikutan memproduksi SUV kompak.

"Mengenai kompak SUV, ini memang tengah meningkat sekarang. Namun langkah strategi produk kita bukan merespons apa yang tengah berkembang saat ini, tapi jauh lebih ke depan daripada market atau trend saat ini. Kami akan memikirkan produk-produk apa lagi yang lebih maju yang akan disukai masyarakat," ucap Naoya.

Lalu produk model apa lagi yang akan diperkenalkan Mitsubishi di Indonesia, nih?

"Kami belum bisa umumkan sekarang. Kami tentu akan mengumumkannya segera kepada teman-teman jika ada jadwal peluncuran," ucap Naoya.

Sepanjang tahun lalu, MMKSI berhasil membukukan capaian positif untuk penjualan retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia. Pencapaian penjualan di 2021 meningkat hingga 90,6% dibandingkan dengan tahun 2020.

Aksesori resmi Mitsubishi XpanderMitsubishi Xpander saat menggunakan aksesori (Dok. MMKSI)

Merujuk pada data penjualan retail Gaikindo tahun 2021, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 104.407 unit (Jan 2021 - Dec 2021). Penjualan tersebut terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang sebanyak 68.152 unit dan kendaraan niaga ringan sebanyak 36.225 unit.

Berikut data penjualan Mitsubishi tahun 2021:

Kendaraan Penumpang:

- Xpander: 28.424 unit
- Xpander Cross: 22.383 unit
- Pajero Sport: 17.137 unit
- Eclipse cross 183 unit
- Outlander PHEV: 20 unit

Kendaraan Niaga ringan (LCV):

- Triton: 9.009 unit
- L300: 27.110 unit



Simak Video "Bye...! Mitsubishi Eclipse Cross Pamit dari Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)