Toyota Vellfire Grup Musik Debu Ringsek Kecelakaan, Ini Bekal Fitur Keselamatannya

Tim detikcom - detikOto
Senin, 18 Apr 2022 16:19 WIB
mobil grup musik debu kecelakaan di tol probolinggo
Mobil Toyota Vellfire yang ditumpangi grup musik Debu kecelakaan (M Rofiq/detikcom)
Jakarta -

Mobil yang ditumpangi grup musik Debu ringsek setelah kecelakaan di Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) KM 837, Senin dini hari (18/4/2022). Kecelakaan itu menewaskan 2 orang dan 4 orang terluka.

Diketahui, grup musik Debu itu menumpangi mobil Toyota Vellfire. Dari data Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur, mobil dengan nomor polisi L 1055 DL itu merupakan unit Toyota Vellfire tahun produksi 2015.

Toyota Vellfire ini telah dibekali fitur keselamatan mumpuni. Dari spesifikasi di atas kertas, Toyota Vellfire 2015 seperti yang ditumpangi grup musik Debu ini memiliki 7 SRS airbag yang terdiri dari airbag di pengemudi, penumpang depan, samping kiri-kanan, airbag tirai kiri-kanan, serta airbag yang melindungi lutut pengemudi.

Selain itu, Vellfire 2015 ini juga dilengkapi dengan 3-point emergency locking retractor seatbelt, sensor depan dan belakang, vehicle stability control, traction control, anti-lock brake system, brake assist, electronic brakeforce distribustion, hill start assist control serta ISOFIC child restraint system.

Itu fitur keselamatan untuk Vellfire 2015 seperti yang ditumpangi grup musik Debu. Saat ini, Toyota telah melengkapi Vellfire terbaru dengan fitur keselamatan yang lebih canggih.

Untuk Toyota Vellfire terbaru 2022 yang dijual saat ini telah memiliki fitur Toyota Safety Sense (TSS). TSS terdiri dari fitur keamanan seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Automatic High Beam (AHB). Selain itu Alphard dan Vellfire juga sudah dilengkapi dengan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Intelligent Clearance Sonar (ICS).

Yang terbaru, Vellfire dan Alphard sejak 2021 dibekali fitur Adaptive Cruise Control (ACC). Fitur ACC dapat mulai diaktifkan sejak kecepatan 0 km/jam dari yang sebelumnya baru bisa diaktifkan jika mobil sudah menyentuh kecepatan 50 km/jam. Penyempurnaan pada fitur ACC ini memberikan kenyamanan kepada pengguna New Alphard dan New Vellfire, sekaligus meningkatkan faktor keselamatan dalam bermobilitas.

Sementara itu, kecelakaan yang melibatkan grup musik Debu di Tol Pasuruan-Probolinggo menewaskan dua orang. Dikutip detikJatim, berdasarkan keterangan saksi dan korban kepada polisi, mobil tersebut masuk dari gerbang tol Probolinggo Timur, Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Sekitar 2 kilometer dari gerbang tol, tepatnya di KM 837.200, mobil menabrak bagian belakang truk. Kedua kendaran itu melaju di lajur kiri.

Hasil pantauan rekaman CCTV dan olah TKP sementara, mobil yang ditumpangi kelompok musik debu itu melaju di atas 100 kilometer per jam. Akibat tabrakan tersebut, bodi depan mobil warna hitam itu rusak parah hingga atap bagian kiri hancur tak berbentuk.

Polisi sendiri telah meminta keterangan sopir mobil Vellfire, Miarto. Miarto diduga mengantuk ketika mengemudikan mobil.



Simak Video "Sosok Daood Debu, Personel Grup Musik Debu yang Kecelakaan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)