Tantang Fortuner dan Pajero Sport, Jeep Meridian Siap Didatangkan ke Indonesia

ADVERTISEMENT

Tantang Fortuner dan Pajero Sport, Jeep Meridian Siap Didatangkan ke Indonesia

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 15 Apr 2022 19:42 WIB
Jeep Meridian
PT DAS Indonesia Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) dari Jeep di Indonesia siap membawa Jeep Meridian pada 2023 mendatang (dok. Jeep India)
Jakarta -

PT DAS Indonesia Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) dari Jeep di Indonesia siap membawa Jeep Meridian. SUV 7-seater ini digadang-gadang akan jadi penantang Toyora Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Kabar ini diutarakan langsung oleh Chief Operation Officer DAS Indonesia Motor, Dhani Yahya di acara Jeep & Media Iftar 2022 pada Kamis (14/4/22) di Jakarta. Menurutnya Jeep Meridian akan tiba di Tanah Air secepatnya, antara 2023 atau 2024.

Jeep MeridianJeep Meridian yang akan masuk ke Indonesia bermesin diesel 2.0 Liter Foto: dok. Jeep India

"SUV 3-row yang disebut dengan Jeep Meridian itu 2023 akhir-2024 masih belum ada kepastian kapan (pastinya) akan masuk, namun dengan sudah diluncurkanya kemarin, bulan lalu di India, itu tentu secepatnya memungkinkan akan dimasukkan ke Indonesia," ujar Dhani.

"Kita menginformasikan, kita confirm bahwa produk yang disebut di Eropa dengan Jeep Commander atau di India baru diluncurkan Jeep Meridian merupakan produk yang secepatnya akan masuk Indonesia," tegasnya.

Menariknya, Jeep Meridian nantinya bisa menjadi Jeep pertama yang masuk ke Indonesia secara resmi dan menggunakan mesin diesel. Dhani mengatakan, saat ini pihak Jeep tengah melakukan riset mengenai kesiapan BBM diesel untuk lini Jeep mereka di Indonesia.

"Sudah confirm untuk pasar Indonesia menggunakan mesin diesel engine yang 2.0 liter. Jadi ini sudah dipastikan akan hanya ada satu mesin yang kami bawa. Saat ini kami masih melakukan riset maupun mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dari manufaktur seperti dieselrequirementdi Indonesia seperti apa untuk kebutuhan homologasinya," lanjut Dhani.

Jeep MeridianJeep Meridian mengusung konfigurasi 7-seater diklaim pas untuk kebutuhan mobil pertama masyarakat Indonesia Foto: dok. Jeep India

Pada acara yang sama, DAS Motor Indonesia membocorkan sedikit spesifikasi Jeep Meridian. SUV ini akan hadir dengan panjang 4.769 mm, lebar 1.859 mm, dan tinggi 1.682 mm. Sedangkan untuk mesinnya, mesin diesel berkapasitas 2.000 cc ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga hingga 170 HP dan torsi 380 Nm.

Kendati sudah membocorkan perkiraan jadwal peluncuran dan spesifikasinya, Jeep Indonesia belum dapat memberi informasi mengenai harga Jeep Meridian di Indonesia. Namun menurut Dhani, harganya akan lebih mahal sekitar 10 persen dari Toyota Fortuner.

"Untuk kisaran harga, tentu dari segi positioning kita melihat bahwa 7-seaters di Indonesia sendiri kurang-lebih marketnya 60-70 ribu. Kalau 7-seaters premium, semua pricing-nya di high end atau top-end,"

"Kita harus realistis karena ini (Jeep Meridian)positioning brand-nya sendiri adalah premium tentunya tidak bisamatchdengan pricing (harga) dari Fortuner. Cuma kita mempunyai target, dengan harga 10% kurang-lebih di atas Fortuner saya rasa kita bisa shooting (berjualan) sekitar 1.000 unit," tutupnya.



Simak Video "Jeep Bangkrut di China, Tapi Tumbuh di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT